Burung-intan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Burung-intan
Pardalotus

Pardalotus striatus ornatus with nesting material
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliPardalotidae
GenusPardalotus
Vieillot, 1816
Species

Pardalot atau burung-intan adalah sebuah famili, Pardalotidae, burung berukuran sangat kecil dan berwarna cerah asli Australia, dengan ekor pendek, kaki kuat, dan paruh gemuk dan tumpul. Famili ini terdiri dari empat spesies dalam satu genus, Pardalotus, dan beberapa subspesies . Nama ini berasal dari kata Yunani yang berarti "berbintik". Famili tersebut dulunya berisi beberapa spesies lain yang kini terpecah menjadi famili Acanthizidae .

Burung-intan menghabiskan sebagian besar waktunya di dedaunan luar pohon, memakan serangga, laba-laba, dan yang terpenting lerp (sejenis serangga penghisap getah). [1] Peran mereka dalam mengendalikan serangan penyakit kusta di hutan eukaliptus Australia mungkin penting. Mereka umumnya hidup berpasangan di terowongan kecil atau dalam kelompok keluarga kecil tetapi kadang-kadang berkumpul dalam kelompok setelah berkembang biak.

Burung-intan adalah pembiak musiman di daerah beriklim sedang di Australia tetapi dapat berkembang biak sepanjang tahun di daerah yang lebih hangat. Mereka adalah peternak monogami, dan kedua pasangan berbagi tugas membangun sarang, inkubasi, dan membesarkan anak ayam. Keempat spesies tersebut bersarang di terowongan horizontal dalam yang dibor hingga ke tepian tanah. Secara eksternal seukuran lubang tikus, kedalamannya bisa sangat dalam, satu meter atau lebih. Beberapa spesies juga bersarang di lubang pohon.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Subspesies Distribusi
</img> Pardalotus punctatus Burung-intan totol Australia
</img> Pardalotus quadragintus Burung-intan totol empat-puluh Tasmania
</img> Pardalotus rubricatus Burung-intan alis-merah Australia
</img> Pardalotus striatus Burung-intan lurik
  • Burung-intan tepi-kuning, Pardalotus striatus striatus
  • Burung-intan tepi-merah, Pardalotus striatus ornatus
  • Burung-intan kepala-hitam, Pardalotus striatus melanocephalus, Pardalotus striatus uropygialis dan Pardalotus striatus melvillensis
Australia

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung-intan adalah burung kecil dan kompak dengan ukuran berkisar antara 85–12 cm (33,5–4,7 in) panjangnya. Pardalote berbintik dan lurik sesuai dengan aturan Bergmann dan lebih besar di selatan daripada di utara. Jantan dan betina berukuran sama satu sama lain, namun terdapat beberapa perbedaan pada bulu beberapa spesies. Mereka memiliki ekor pendek dengan ujung persegi dan sayap bulat yang relatif pendek (yang lebih panjang pada spesies yang lebih tersebar). Paruhnya pendek, dalam, dan kuat, tetapi tidak memiliki bulu rictal yang mengelilingi paruh banyak burung pemakan serangga lainnya.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Burung-intan adalah endemik Australia. [2] Ia mempunyai sebaran paling terbatas dari empat spesies, karena endemik di Tasmania ; sebaliknya spesies yang paling tersebar luas, pardalote lurik, ditemukan di seluruh Australia, hanya terdapat di beberapa daerah terkering di gurun tengah dan barat pedalaman. Burung intan alis merah tersebar luas di utara dan barat Australia, sedangkan pardalote tutul ditemukan lebih dekat ke pantai di Australia selatan dan timur.

Keluarga tersebut adalah spesialis hutan eukaliptus . Meskipun tanaman ini mungkin terdapat di hutan dan daerah berhutan yang didominasi oleh jenis pohon lain, namun tanaman ini merupakan habitat marjinal bagi keluarga ini dan jarang digunakan. Burung-intan menempati berbagai habitat eukaliptus, mulai dari hutan tinggi dengan kanopi lebih dari 30 meter (100 ft) hutan mallee tinggi hingga rendah dengan kanopi hanya 3 meter (10 ft) . [3]

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Burung intan hampir secara eksklusif merupakan hewan pemakan serangga. Mereka kadang-kadang mengkonsumsi beberapa bahan tanaman termasuk biji-bijian, dan pernah ada pengamatan seekor burung intan lurik memukul dan kemudian memakan seekor kadal.[4] Mereka memberi makan sendiri-sendiri atau berpasangan selama musim kawin, tetapi tercatat bergabung dengan kawanan pemakan spesies campuran pada bulan-bulan musim dingin.[5] Mayoritas aktivitas mencari makan terjadi di Eucalyptus, sedangkan pohon lain lebih jarang digunakan; di antara kayu putih, pohon dari subgenus Symphyomyrtus lebih disukai. Burung intan mencari makan dengan memungut serangga dari dedaunan, bukan menangkap serangga saat terbang. Burung intandapat memakan sejumlah jenis serangga yang berbeda, tetapi lerp – lapisan embun madu yang dikeluarkan oleh serangga dari keluarga Psyllidae – merupakan komponen utama makanan mereka dan merupakan komponen yang paling beradaptasi dengan mereka. Burung intan ini juga sangat dicari oleh para pemakan madu yang lebih besar, yang secara agresif mempertahankan sumber dayanya. Sebuah studi tentang burung intan di Australia memperkirakan bahwa 5% dari hari burung intan dihabiskan untuk menghindari serangan pemakan madu.[6]

Gerakan[sunting | sunting sumber]

Pola penyebarannya mencakup pergerakan musim dingin yang teratur ke utara dan ke dataran rendah. Burung intan lurik bermigrasi dari Tasmania melintasi Selat Bass ke musim dingin di daratan Australia. Burung intan Berbintik dan Lurik berpindah dari hutan di dataran tinggi ke dataran pedalaman dengan curah hujan lebih rendah di Australia Tenggara.[7] Burung intan Berbintik dan Lurik juga bergerak sebentar-sebentar mengikuti peningkatan sumber makanan psyllids. Beberapa populasi burung intan tidak banyak bergerak. Burung intan berbintik empat puluh mungkin tidak banyak bergerak dengan pergerakan musiman lokal terbatas di Tasmania bagian timur dan pulau-pulau di sekitarnya. Pergerakan burung intan Alis Merah tidak diketahui.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Woinarski, John C.Z. (2008). "Family Pardalotidae (Pardalotes)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Christie, D.A. Handbook of the Birds of the World. 13: Penduline-tits to Shrikes. Barcelona, Spain: Lynx Edicions. hlm. 390–401. ISBN 978-84-96553-45-3. 
  2. ^ Woinarski, John C.Z. (2008). "Family Pardalotidae (Pardalotes)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Christie, D.A. Handbook of the Birds of the World. 13: Penduline-tits to Shrikes. Barcelona, Spain: Lynx Edicions. hlm. 390–401. ISBN 978-84-96553-45-3. 
  3. ^ Woinarski, John C.Z. (2008). "Family Pardalotidae (Pardalotes)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Christie, D.A. Handbook of the Birds of the World. 13: Penduline-tits to Shrikes. Barcelona, Spain: Lynx Edicions. hlm. 390–401. ISBN 978-84-96553-45-3. 
  4. ^ Bell, H.L. (1975). "Eastern Striated Pardalote Eating Lizard". Emu. 75 (4): 234. doi:10.1080/01584197.1975.11797873. 
  5. ^ Bell, H.L. (1980). "Composition and Seasonality of Mixed-Species Feeding Flocks of Insectivorous Birds in the Australian Capital Territory". Emu. 80 (4): 227–232. doi:10.1071/MU9800227. 
  6. ^ Woinarski, J.C.Z (1984). "Small birds, Lerp-feeding and the problem of Honeyeaters". Emu. 84 (3): 137–141. doi:10.1071/MU9840137. 
  7. ^ Woinarski, J; Bonan, A (2018). "Pardalotes (Pardalotidae)". Dalam del Hoyo, J.; et al. Handbook of the Birds of the World Alive. Barcelona: Lynx Edicions.