Burke & Hare (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Burke & Hare
UK release poster
SutradaraJohn Landis
ProduserBarnaby Thompson
Nigel Green
James Spring
Paul Brett
Tim Smith
SkenarioPiers Ashworth
Nick Moorcroft
PemeranSimon Pegg
Andy Serkis
Isla Fisher
Tom Wilkinson
Penata musikJoby Talbot
SinematograferJohn Mathieson
PenyuntingMark Everson
Perusahaan
produksi
DistributorEntertainment Film Distributors (UK)
IFC Films (US)
Tanggal rilis
  • 29 Oktober 2010 (2010-10-29)
Durasi91 minutes[1]
NegaraUnited Kingdom
BahasaEnglish
Anggaran$10 million[butuh rujukan]
Pendapatan
kotor
$4.3 million[2]

Burke & Hare adalah judul film Inggris produksi tahun 2010 bergenre komedi hitam yang diadaptasi secara longgar dari cerita Burke and Hare Murders. Film ini disutradarai oleh John Landis, dengan pemain antara lain Simon Pegg dan Andy Serkis sebagai William Burke dan William Hare. Burke & Hare dirilis di Inggris pada Oktober 2010.[3]

Ide utama cerita film ini diambil dari kisah nyata tentang dua orang pembunuh terkenal, Burke dan Hare, membunuh orang-orang dengan tujuan agar mayatnya bisa dijual kepada para pengajar anatomi tubuh manusia yang kebetulan waktu itu keilmuan di bidang ini sedang dalam masa perkembangan.

Film yang sebenarnya penuh adegan sadis ini ternyata dikemas dengan sajian komedi. Jadi adegan-adegan sadis yang ada seperti adegan muncratan darah dari kaki yang dipenggal, oleh sutradara diatur sedemikian rupa agar tetap terlihat ada unsur komedi di dalamnya.[4]

[5][6][7][8][9]

Plot[sunting | sunting sumber]

Film diawali oleh sebuah monolog. Suatu ketika William Burke (Simmon Perge) dan William Hare (Andy Serkis) mengalami kesulitan ekonomi karena tak adanya lapangan usaha yang bisa mereka dapatkan. Bersamaan dengan itu, perkembangan dunia keilmuan di bidang anatomi tubuh manusia sedang berkembang. Tersebutlah seorang pengajar anatomi tubuh manusia di satu sekolah Dr. Knox yang sedang kesulitan cadangan mayat manusia untuk dijadikan bahan praktik bersama murid-muridnya.
Hare yang telah mempunyai istri ternyata memiliki rumah penginapan bagi para orang tua. Ada seorang kakek yang sudah meninggal di penginapan tersebut. Istri Hare menyuruh suaminya dan Burke untuk mengurus mayat tersebut, kemudian Burke dan Hare mempunya ide untuk menjual mayat itu ke Dr. Knox.

Dr. Knox pun membeli mayat itu dan menawarkan sebuah perjanjian kepada Burke dan Hare untuk tetap menyetorkan tubuh manusia. Burke dan Hare pun menyetujuinya.

Ternyata mencari tubuh atau mayat manusia tak semudah yang mereka pikirkan. Tidak ada cara lain bagi mereka untuk melakukan pembunuhan, dan mayat korban pembunuhan mereka akan mereka jual kepada Dr. Knox.

Lama kelamaan aparat kepolisian menerima berita kehilangan warganya yang ternyata merupakan korban pembunuhan Burke and Hare. Tentu saja tidak sulit bagi aparat keamanan tersebut untuk menangkap keduanya.
Karena suatu persetujuan ternyata Burke yang sedang menjalin hubungan asmara dengan pemeran teater jalanan bernama Ginny (Isla Fisher) bersedia untuk menerima hukuman gantung, walaupun meski Hare juga bersalah tapi hanya dia yang akan di hukum gantung. Akhirnya, Hare tetap hidup dan menjalankan bisnis baru baru bersama istrinya, Burke meninggal dijeratan tali gantungan dan mayatnya kemudian dijadikan bahan praktik anatomi tubuh. Rekan kerja Dr. Knox berhasil menemukan sebuah alat yang merupakan cikal bakal kamera zaman sekarang, dan ternyata di situ bersamaan pula dengan Charles Darwin yang kemudian telah berhasil menamatkan buku fenomenalnya berjudul On The Origin of Species.
Film berjalan dengan menarik pada menit-menit awalnya. Serangkaian adegan yang menceritakan Burke dengan Ginny yang sebetulnya penting juga untuk mendukung bagian cerita dari karakter Burke seolah-olah hanya dijadikan bumbu pelengkap untuk menambahkan bagian cerita yang ada, bahkan saya kira hanya untuk lebih membuat durasi film supaya sedikit lebih panjang.[3][10][11][12][13][14][15][16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BURKE & HARE (15)". British Board of Film Classification. 19 October 2010. Diakses tanggal 10 May 2013. 
  2. ^ "Burke and Hare". Box Office Mojo. Diakses tanggal 4 April 2014. 
  3. ^ a b Harrod, Horatia (4 October 2010). "Burke and Hare: behind the scenes". Telegraph. London. Diakses tanggal 5 October 2010. 
  4. ^ John Landis interview, Burke & Hare DVD, IFC Films, 2011
  5. ^ Mack, Andrew (11 October 2009). "David Tennant joins Simon Pegg in John Landis' 'Burke and Hare'". Twitch Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-10-13. Diakses tanggal 14 June 2010. 
  6. ^ Warmouth, Brian (20 January 2010). "Andy Serkis Replaces David Tennant In 'Burke And Hare,' According To Star Simon Pegg's Twitter Feed". MTV News. Diakses tanggal 14 June 2010. 
  7. ^ "Landis Talks 'Burke & Hare' Horror, New Image". Bloody-disgusting.com. 15 July 2010. Diakses tanggal 19 January 2012. 
  8. ^ Kent Film Office. "Kent Film Office Burke & Hare Film Focus". 
  9. ^ Solomons, Jason (16 August 2009). "Interview with the UK ''Guardian''". London: Guardian. Diakses tanggal 19 January 2012. 
  10. ^ "Official Trailer for 'Burke & Hare'". Obsessedwithfilm.com. 5 October 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-01-02. Diakses tanggal 19 January 2012. 
  11. ^ "Burke and Hare". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 4 April 2014. 
  12. ^ "Critic Reviews for Burke and Hare at Metacritic". Metacritic.com. Diakses tanggal 19 January 2012. 
  13. ^ Rabin (8 September 2011). "Burke & Hare". The A.V. Club. 
  14. ^ Genzlinger, Neil (8 September 2011). "Burke and Hare (2010)". The New York Times. Diakses tanggal 4 April 2014. 
  15. ^ Gant, Charles (26 October 2010). "Review: 'Burke & Hare'". Variety. Diakses tanggal 4 April 2014. 
  16. ^ Bennett, Ray (28 October 2010). "Burke and Hare: Film Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 4 April 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]