Burchard I, Adipati Swabia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Burchard I (mangkat 5/23 Nopember 911) merupakan seorang Adipati Swabia dari tahun 909 sampai kematiannya dan Margrave Raetia, juga di Thurgau dan Bar. Lahir di antara tahun 855 dan 860, ia adalah putra Adalbert II, Pangeran Thurgau. Ia sendiri menikahi Liutgard dari Sachsen.

Pada tahun 900, Burchard sudah merupakan pria yang paling berkuasa di Swabia. Pada tahun 904, ia merupakan administrator wilayah biara di Lorsch, Swabia. Ia menggantikan, sekitar tahun 909, Ruadulf (seorang Welf) sebagai Dux atau marchio (adipati atau margrave) Raetia Secunda (perbatasan Raetia). Burchard berselisih dengan Pangeran Palatine Erchanger, Adipati Swabia dan Uskup Agung Solomon III, Uskup Constance, yang setia kepada Raja Konrad I. Burchard ditangkap dan dituduh memberontak. Ia terbukti bersalah oleh dewan suku dan dieksekusi, bersama dengan adiknya, Adalbert III dari Thurgau. Putranya, Burchard II, dan menantunya, Regelinda, pergi ke Italia, kemungkinan diasingkan atau mengungsi. Wilayah Raetia mereka hilang, meskipun kemudian pulih kembali. Putra kedua Burchard I, Udalrich, mati muda.

Putrinya Dietpirch dari Swabia (juga dikenal sebagai Theoberga) menikah dengan Hupald dari Dillingen (mangkat 909). [1] Anak-anak mereka termasuk Ulrich dari Augsburg. [2]

Negara Swabia yang berhubungan dengan kadipaten cabang lainnya sangat tidak terorganisasi pada zaman Burchard I dan ia tak pernah menjadi layaknya mantan pangeran lainnya. Ia biasanya disebut demikian hanya untuk membedakannya sebagai seorang yang paling berkuasa di wilayah keadipatian dan calon adipati selanjutnya: yang pertama menjadi Erchanger, diumumkan sebagai adipati oleh para bangsawan, bukan sebagai raja pada tahun 915.

Burchard merupakan leluhur paternal Wangsa Saxe-Coburg dan Gotha, yang sekarang termasuk Albert II dari Belgia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Leyser, Karl. Communications and Power in Medieval Europe: The Carolingian and Ottonian Centuries. London, 1994.
Didahului oleh:
tidak ada
Adipati Swabia
909–911
Diteruskan oleh:
Erchanger