Bule

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bule (dibaca bu-lé) adalah kata slang yang umumnya digunakan di Indonesia untuk "orang kulit putih" ataupun keturunan asli Eropa / kulit putih. Istilah ini dahulu juga digunakan untuk menggambarkan orang-berwarna kulit terang. Definisi kamus untuk kata ini merujuk pada "bulai", yang menunjukkan bahwa definisinya yang kaku adalah albino. Istilah ini dapat ditafsirkan oleh orang kulit putih sebagai sarkasme, meskipun penduduk Indonesia yang non-kulit putih saat ini tidak menganggap seperti itu.

Istilah "bule" perlu dibedakan dengan istilah "orang indo" atau orang blasteran Eropa dan Indonesia.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah "bule" berasal dari evolusi pelafazan / pengucapan istilah "bulai", kata nomina yang didefinisikan KBBI IV sebagai "putih seluruh tubuh dan rambutnya karena kekurangan pigmen berwarna pirang" atau merujuk pada kelainan pigmentasi albino. Walaupun saat ini kedua istilah tersebut telah merujuk pada arti yang berbeda, latar belakang ini dianggap sebagai penyebab mengapa istilah "bule" dapat dianggap sebagai sarkasme oleh orang kulit putih.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Berubah dari cara penggunaannya yang sebelumnya terbatas hanya di kalangan masyarakat non-kulit putih di Indonesia, istilah "bule" mulai digunakan secara terbuka dan luas setelah digunakan dalam dunia hiburan sebagai judul acara realitas komedi populer "Bule Gila" (judul disingkat menjadi "BuGil") yang ditayangkan stasiun televisi swasta Indonesia, Trans TV tahun 2004. Pada tahun yang sama istilah "bule" juga digunakan dalam sinetron "Bule Masuk Kampung" yang mulai ditayangkan stasiun televisi swasta Indosiar.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sinopsis Sinetron "Bule Masuk Kampung" - www.indosiar.com, diakses 11 April 2010