Buenos Aires Football Club

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Buenos Aires FC
Nama lengkapBuenos Aires Football Club
BerdiriTemplat:Start date and agw
Dibubarkanc. 1881; 143 tahun lalu (1881)
StadionBuenos Aires Cricket Club

Buenos Aires Football Club (biasanya disingkat "BAFC") adalah klub sepak bola Argentina di Buenos Aires, sebagai klub sepak bola pertama di Argentina dan Amerika Selatan. Meskipun BAFC didirikan untuk bermain sepak bola asosiasi, klub kemudian akan mengadopsi aturan uni rugbi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertandingan sepak bola asosiasi pertama yang dimainkan di Argentina, sebagaimana dicakup oleh The Standard, Juni 1867

Pada tahun 1867 ada komunitas Inggris yang luas yang tinggal di Buenos Aires. Sebagian besar dari mereka telah didirikan di sana berasal dari Britania Raya sebagai manajer dan pekerja jalur kereta api milik Inggris yang beroperasi di Argentina. Warga negara Inggris mendirikan klub sosial dan olahraga tempat mereka dapat berlatih olahraga, seperti bowls, kriket, sepak bola, golf, menunggang kuda, rugby union dan tennis di antara yang lainnya.

"Klub Sepak Bola Buenos Aires" didirikan pada Kamis 9 Mei 1867 di jalan Kuil, yang sekarang dikenal sebagai Viamonte, di kota Buenos Aires.[1][2][3] Pendiri Anggotanya adalah pekerja kereta api yang semuanya berasal dari Inggris bagian utara, khususnya bersaudara Thomas dan James Hogg.

Komite pendiri dibentuk oleh: Thomas Hogg, 24 tahun, lahir di Skelton, York, Yorkshire; saudaranya James Hogg, 26 tahun, lahir di Skelton, York, Yorkshire; Thomas Jackson, 29 tahun, lahir di Cumberland; Thomas Barlow Smith, 21 tahun, lahir di Stoney Middleton, Derbyshire; dan Walter Heald, sekretaris, 29 tahun, lahir di Pendle, Lancashire.

Demikian juga, aturan klub adalah sebagai berikut:

  1. Klub ini disebut "Klub Sepak Bola Buenos Aires".
  2. Komite empat dipilih untuk mengelola urusan Klub.
  3. Langganan untuk musim ini adalah $ 30 mata uang.
  4. rules dari The Football Association diadopsi dengan sedikit modifikasi.[1]

Pertandingan pertama harus berlangsung pada 25 Mei 1867 dan diiklankan di surat kabar harian bahasa Inggris The Standard, yang diterbitkan di Argentina:

Hari ini akan ada pertandingan sepak bola di Palermo; kami percaya itu akan menjadi tendangan pertama yang pernah diberikan di Buenos Ayres, dan kami memahami bahwa setengah kota akan ada di sana jika cuaca mendukung. Tendangan di Boca tidak pernah lepas karena banjir di Potreros (sic).

— The Standard, 25 Mei 1867
A Plakat peringatan mengingat tanggal 1 saat ini. pertandingan sepak bola yang dimainkan oleh BAFC di Palermo

Karena kondisi cuaca yang buruk, pertandingan dibatalkan, ditunda hingga 20 Juni, ketika akhirnya pertandingan pertama dalam sejarah sepak bola Argentina dipertandingkan. Tempatnya adalah Buenos Aires Cricket Club Ground. Kedua tim dibentuk oleh anggota BACC. Thomas Hogg dan Walter Heald adalah kapten tim, masing-masing bernama "Rojos" (merah) dan "Blancos" (Putih). Nama tim mengacu pada warna topi yang digunakan kedua tim untuk membedakan satu sama lain. Rojoes mengalahkan Blancos dengan skor 4–0.[4] Pada tanggal 9 Agustus, Buenos Aires Football Club secara resmi didirikan.[5]

Tercatat pada tahun 1868 dua pertandingan juga dimainkan. Di salah satu dari mereka, Rojo mengalahkan Putih dengan 2-1.[1]

Pada tahun 1870 klub dibubarkan karena epidemi demam kuning yang menewaskan sekitar 8% penduduk Buenos Aires. Pada tanggal 25 April 1873, klub itu didirikan kembali dengan nama yang sama dan dipimpin oleh Thomas Hogg seperti yang dia lakukan dengan pendahulunya. Pada bulan Juni tahun itu BAFC memainkan pertandingan pertamanya sejak yayasan kedua. Pertandingan diadakan di Buenos Aires Cricket Club Ground di mana "Banks" dan "Town" dimainkan dengan campuran aturan asosiasi sepak bola dan persatuan rugby.[6]

Meskipun mengikuti aturan asosiasi sepak bola (meskipun sedikit modifikasi telah diperkenalkan), sebagian besar anggota lebih suka mengikuti aturan rugby union, menggunakan tangan daripada kaki mereka. Itu karena para anggotanya berasal dari kota yang berbeda di Inggris, di mana sepak bola di masing-masing dimainkan dengan cara yang berbeda, sering menggunakan tangan, bukan kaki, atau keduanya. Oleh karena itu para anggota BAFC memainkan permainan seperti yang mereka lakukan di kota kelahiran mereka, menjadi campuran sepak bola dan rugby tanpa aturan yang pasti. Akibatnya, pada 13 Mei 1874 klub memanggil anggotanya untuk membahas poin "4" dari aturannya.

Beberapa kesulitan terjadi dalam menegakkan Aturan, yang berbeda dari kode apa pun yang ada, dan kami harus merekomendasikan penerapan salah satu dari dua perangkat Hukum yang diakui yang sekarang digunakan di Inggris daripada melanjutkan undang-undang kami tahun lalu.

— Buenos Klub Sepak Bola Aires, 13 Mei 1874[6]

Pada hari Kamis, 14 Mei 1874, para anggota bertemu untuk membahas aturan mana yang harus mereka ikuti. Setelah perdebatan mereka akhirnya memutuskan untuk mengadopsi hukum persatuan rugby. Pada hari yang sama, pertandingan pertama di bawah peraturan rugby dimainkan di rumah pedesaan David Mathven, di Caballito, Buenos Aires.[6][7] Tim tersebut disebut "Equipo de Mr. Trench" dan "Equipo de Mr. Hogg".[5] Ini dianggap sebagai pertandingan rugby union pertama yang pernah dimainkan di Argentina.

Meskipun beberapa sejarawan mengatakan klub dibubarkan pada tahun 1875,[1] klub melanjutkan kegiatannya selama tahun itu, bahkan mengadopsi aturan asosiasi sepak bola lagi, karena cedera serius yang disebabkan selama pertandingan sebelumnya (yang telah dimainkan di bawah kode rugby union). Pada tahun 1876 aturan asosiasi sepak bola dipatuhi tetapi membawa bola dengan tangan diperbolehkan. Pada tanggal 7 Mei 1876, klub kembali ke kode rugby union.[8]

Pertandingan terakhir BAFC yang dilaporkan adalah pada tahun 1881, ketika tim memainkan pertandingan rugbi persahabatan melawan Zingari Cricket Club dan Montevideo Cricket Club.[6]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Karena setidaknya ada dua klub lagi bernama "Klub Sepak Bola Buenos Aires", asal-usul lembaga tersebut harus dijelaskan untuk menghindari kebingungan:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Historia del Fútbol Amateur en la Argentina' ', oleh Jorge Iwanczuki. Diterbitkan oleh Autores Editores (1992) – ISBN 9504343848
  2. ^ primer-partido-de-ftbol-en.html "140 años del primer partido de fútbol", oleh Eduardo Cántaro
  3. ^ a b Historia de Fútbol de AFA: Orígenes 1891/1899, oleh Carlos Yametti. Diterbitkan oleh Edición del Autor (2011) – ISBN 978-987-05-9773-5
  4. ^ ""Calendario Histórico", Gobierno de Buenos Aires situs web". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-16. Diakses tanggal 2022-05-15. 
  5. ^ a b "Buenos Aires Cricket & Rugby Club – Historia del club". Diarsipkan dari historia.php# versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2014-09-13. Diakses tanggal 2012-01-29. 
  6. ^ a b c d El Origen Británico del Deporte Argentino' ', oleh Víctor Rafo (2004) – ISBN 987-43-8107-8
  7. ^ / "1867: 140º Aniversario del primer partido de fútbol disputado en Sudamérica"[pranala nonaktif permanen] oleh Víctor Raffo, 2007
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama raffo

Pranala luar[sunting | sunting sumber]