Buena Vista Social Club

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Buena Vista Social Club
Bvsccover.jpg
Sutradara Wim Wenders
Produser Rosa Bosch,Ulrich Felsberg,Deepak Nayar
Penulis Wim Wenders
Pemeran Luis Barzaga, Joachim Cooder, Ry Cooder, Juan de Marcos González, Julio Alberto Fernández, Ibrahim Ferrer, Carlos González, Rubén González, Salvador Repilado Labrada, Pío Leyva, Manuel 'Puntillita' Licea, Orlando 'Cachaíto' López, Benito Suárez Magana, Manuel 'Guajiro' Mirabal, Eliades Ochoa, Omara Portuondo, Julienne Oviedo Sánchez, Compay Segundo, Barbarito Torres, Alberto 'Virgilio' Valdés, Amadito Valdés, Lázaro Villa
Penyunting Monica Anderson
Brian Johnson
Durasi 105 menit


Buena Vista Social Club (1999) adalah sebuah film dokumenter oleh Wim Wenders mengenai musik Kuba.

Film ini mendokumentasi bagaimana Ry Cooder, teman lama Wenders, menyatukan musisi-musisi legendaris Kuba untuk merekam suatu CD dengan judul yang sama, dan untuk berpentas di Amerika Serikat. Walaupun dekat secara geografis, perjalanan antara Kuba dan AS dihalangi karena ketegangan politik antara kedua negara, sehingga banyak di antara musisi tersebut yang baru pernah ke sana untuk pertama kalinya. Film ini menunjukkan reaksi mereka akan pengalaman ini, dan juga memasukkan potongan-potongan dari konser. Selain itu juga banyak wawancara dengan mereka.

Film ini membuat banyak dari musisi ini, beberapa di antaranya telah berusia lebih dari 90 tahun, terkenal di seluruh dunia, dan beberapa kemudian merilis album solo yang berhasil; termasuk Ibrahim Ferrer, Compay Segundo, Rubén González dan Elíades Ochoa.

Film ini dinominasikan untuk sebuah Academy Award untuk fitur dokumenter terbaik pada 2000. Ia memenangkan penghargaan dokumenter terbaik dalam European Film Awards dan banyak lainnya.

Selain itu juga ada album dengan nama yang sama, yang berisi rekaman studio dari musik yang terdapat dalam film ini.

Musisi (urutan tampil)[sunting | sunting sumber]

Lagu-lagu dalam film (urutan tampil)[sunting | sunting sumber]