Buat untuk stok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Buat untuk stok, atau make to stock, sering disingkat BUS atau MTS, adalah pendekatan produksi build-ahead di mana rencana produksi dapat didasarkan pada perkiraan penjualan dan/atau permintaan historis.[1] BUS biasanya dikaitkan dengan teknik produksi massal revolusi industri, di mana untuk mengantisipasi permintaan, sejumlah besar barang diproduksi dan disimpan di gudang.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Membuat produk dengan jumlah banyak untuk disimpan sebagai stok sering kali dianggap sebagai solusi tepat untuk produk yang lini produknya sedikit dan waktu peralihan yang lama antara produk yang mahal.[2]

Beberapa perusahaan membuat semua produknya berdasarkan pesanan sementara yang lain membuat produknya untuk disimpan. Mengingat meluasnya proliferasi produk, ada sejumlah produsen yang mengambil pendekatan hibrida, di mana beberapa produk dibuat berdasarkan stok dan produk lainnya dibuat sesuai pesanan.

Sistem Buat untuk Stok telah digantikan di banyak industri dengan buat-sesuai-pesanan, dimana barang diproduksi berdasarkan pesanan penjualan tertentu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parry, Glenn; Graves, Andrew (2008). Build to order: the road to the 5-day car. Springer. hlm. 3. ISBN 978-1-84800-224-1. 
  2. ^ "Build to Stock Inventory model". leanmanufacture.net. Diakses tanggal 17 November 2011.