Bruce Almighty (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bruce Almighty
SutradaraTom Shadyac
ProduserTom Shadyac
Jim Carrey
James D. Brubaker
Michael Bostick
Steve Koren
Mark O'Keefe
SkenarioSteve Oedekerk
Steve Koren
Mark O'Keefe
CeritaSteve Koren
Mark O'Keefe
PemeranJim Carrey
Morgan Freeman
Jennifer Aniston
Lisa Ann Walter
Catherine Bell
Steve Carell
Philip Baker Hall
Nora Dunn
Eddie Jemison
Sally Kirkland
Penata musikJohn Debney
SinematograferDean Semler
PenyuntingScott Hill
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 23 Mei 2003 (2003-05-23)
Durasi101 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$81 juta[1]
Pendapatan
kotor
$484.572.874
SekuelEvan Almighty (2007)

Bruce Almighty adalah film komedi Amerika Serikat yang disutradarai oleh Tom Shadyac dan skenario ditulis oleh Steve Koren, Mark O'Keefe dan Steve Oedekerk. Film ini dibintangi oleh Jim Carrey sebagai Bruce Nolan, seorang reporter TV yang merasa selalu sial dan ingin kualitas hidupnya menjadi lebih baik. Setelah serangkaian kesialan yang dialaminya, Nolan menggerutu kepada Tuhan, karena ia merasa Tuhan tidak adil dalam mengatur kehidupan. Suatu hari, secara tak terduga ia bertemu dengan Tuhan secara langsung, ia diberikan kekuatan Tuhan selama satu minggu, dan Tuhan ingin melihat kemampuan kerjanya mengatur dunia. Pemeran lainnya dalam film ini adalah Morgan Freeman, Jennifer Aniston, Steve Carell, Catherine Bell, Lisa Ann Walter, Philip Baker Hall, dan Tony Bennett tampil sebagai kameo dalam fim ini.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Bruce Nolan (Jim Carrey), seorang wartawan di sebuah televisi kota Buffalo, New York, merasa tidak puas dengan semua yang dimilikinya dalam hidupnya. Padahal sebenarnya Bruce populer dan mampu membuat orang tertawa dengan humornya, memiliki apartemen yang nyaman serta dicintai kekasihnya, Grace (Jennifer Aniston), seorang guru taman kanak-kanak. Ternyata Bruce sangat berambisi menjadi pembaca berita, namun belum mendapat juga kesempatan. Tidak heran makin lama ia makin marah dan kemarahan yang selama ini dipendamnya pun meledak ketika tahu posisi pembaca berita melayang ke tangan saingan beratnya. Evan Baxter (Steven Carell).

Sampai akhirnya, Bruce mengalami hari paling sial dalam hidup. Setelah kecewa tak terpilih sebagai pembawa berita, ia mengucapkan sumpah serapah yang tak pantas diucapkan di depan kamera dalam acara siaran langsung. Tak heran kalau ia dipecat. Ketika mengemasi barang untuk dimasukkan ke mobil, ia masih sempat menceramahi berandalan yang mengganggu tunawisma. Keruan saja ia dipukuli dan mobilnya dirusak. Dengan kekecewaan mendalam, ia menyerukan kekesalannya kepada Sang Pencipta. Bruce melampiaskan kemarahannya kepada Tuhan dan menantang Tuhan agar muncul dan menjelaskan kenapa ia tidak mendapatkan posisi tersebut. Tiba – tiba ia langsung ditanggapi, Tuhan benar-benar muncul di hadapan Bruce dalam bentuk manusia (diperankan Morgan Freeman). Tuhan balas menantang Bruce agar mengambil alih pekerjaannya barang sehari untuk melihat apakah Bruce bisa melakukannya lebih baik daripada-Nya dan juga agar Tuhan bisa berlibur.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]