Brenda Wineapple

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Brenda Wineapple
LahirBoston, Massachusetts
AlmamaterUniversitas Brandeis,
Universitas Wisconsin–Madison
GenreNon-fiction
TemaArts
PenghargaanMarfield Prize

Brenda Wineapple adalah seorang nonfiksi Amerika Serikat penulis, kritikus sastra, dan esais yang telah menulis beberapa buku tentang penulis Amerika Serikat abad kesembilan belas.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Boston, Massachusetts, ia lulus dari Universitas Brandeis.

Pada tahun 2014, Wineapple menerima Penghargaan Sastra dalam bidang Sastra dari Akademi Seni dan Sastra Amerika, dan bukunya White Heat: The Friendship of Emily Dickinson and Thomas Wentworth Higginson merupakan finalis National Book Critics Circle Award. Dia telah menerima Guggenheim fellowship, Pushcart Prize, sebuah fellowship dari American Council of Learned Societies, dan tiga National Endowment for the Humanities. Terpilih sebagai anggota Society of American Historians dan Akademi Seni dan Ilmu Amerika, ia juga terpilih sebagai anggota New York Institute for the Humanities di NYU dan menjadi Donald C. Gallup Fellow di Beinecke Library, Universitas Yale, serta anggota dari Indiana Institute of Arts and Letters. Ia menjabat sebagai penasihat sastra untuk Yayasan Guggenheim dan Perpustakaan Amerika, dan ia menjadi dewan penasihat Lapham's Quarterly dan American Scholar.

Wineapple mengajar di program MFA di Universitas Columbia School of the Arts dan di New School di New York City. Dia sebelumnya adalah Direktur Leon Levy Center for Biography di Sekolah Pascasarjana, CUNY, dan Writer-in-Residence. Ia juga pernah mengajar di Sarah Lawrence College dan Union College di Schenectady, NY dan di program MFA musim panas Universitas Johns Hopkins di Florence, Italia.

Sebagai kontributor tetap untuk The New York Times Book Review, The Nation, dan publikasi nasional lainnya, ia juga merupakan editor The Selected Poetry of John Greenleaf Whittier (sebuah jilid dalam Proyek Penyair Amerika di Perpustakaan Amerika) dan Nineteenth-Century American Writers on Writing (sebuah volume dalam The Writers' World, disunting oleh Edward Hirsch).[1]

Ia menikah dengan komposer Michael Dellaira.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Brenda Wineapple". Diakses tanggal 23 Januari 2017. 
  2. ^ Wineapple, Brenda (2013). "Biography". brendawineapple.com/. Diakses tanggal 11 September 2018. 
Video luar
Booknotes interview with Wineapple on Hawthorne: A Life, 4 Januari 2004, C-SPAN

Pranala luar[sunting | sunting sumber]