Brasília Metro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Brasília Metro
Metro DF Galeria.jpg
Info
Wilayah Brasília
Jenis Angkutan cepat
Jumlah jalur 2
Jumlah stasiun 29
Penumpang harian 150,000
Situs web www.metro.df.gov.br
Operasi
Dimulai 2001
Operator Companhia do Metropolitano do Distrito Federal
Teknis
Panjang sistem 42,38 km (26,0 mil)
Peta rute
Peta sistem. Titik abu-abu menandakan stasiun yang belum dibuka.

Brasília Metro (bahasa Portugis: Metrô de Brasília lebih dikenal dengan Metrô) adalah sebuah sistem angkutan cepat yang ada di Brasília, ibukota dari Brazil. Sistem ini dioperasikan oleh Metro-DF atau Companhia do Metropolitano do Distrito Federal, dan dibuka pada tahun in 2001. Sistem ini memiliki 24 stasiun pada 2 jalur, yang beroperasi antara pukul 06:00 hingga 23:30 pada hari senin hingga sabtu dan dari pukul 07:00 hingga 19:00 pada hari minggu, dan melingkupi wilayah metropolitan. Permasalahan utamanya adalah jarak antar stasiun yang rapat, membuatnya menjadi sistem transit kecil di Brasília. Komuni Águas Claras dilayani oleh sistem ini, dan membuatnya menjadi wilayah dengan pertumbuhan tercepat di Brasília.

Akses menuju Metro-DF diatur oleh kunci elektronik di pintu masuk dan keluar. Untuk melakukan perjalanan menggunakna metro, dibutuhkan tiket kereta api untuk sekali jalan atau dengan menggunakan kartu magnetik yang dapat digunakan berkali-kali. Jika jumlah poin dalam kartu magnet sudah habih, pengguna harus mengisi ulang kartu.

Pengawasan dan kontrol operasi, yang juga meliputi pengaturan lalu lintas, energi, dan telekomunikasi dipusatkan di Pusat Kendali Operasi (OCC), yang bisa dianggap sebagai otak dari Metro-DF. Kontrol dari sistem dkendalikan secara terkomputerisasi sepenuhnya. Professional berkualifikasi ditugaskan secara penuh untuk menangani semua aktivitas kereta api. Semuanya dilakukan dengan bantuan sensor yang dipasang di sepanjang jalur dan sebuah sistem komunikasi dengan menggunakan serat optik. Struktur ini memungkinkan resepsi dan transmisi antara OCC dengan unit lain dalam sistem metro, seperti kereta api, stasiun, dan substasiun. Pusat dapat menerima informasi secara langsung mengenai kecepatan rute, waktu yang diabiskan di stasiun, arus penumpang, dan energi yang digunakan oleh kereta api.

Listrik yang digunakan oleh Metro-DF disuplai oleh Companhia Energética de Brasília (CEB), secara langsung dari Furnas. Kereta api mendapat pasokan listrik sebesar 13.800 V, sistem kelistrikan stasiun sebesar 380/220 V, dan sistem untuk mengatur perubahan jalur sebesar 750 V. Untuk menggerakkan keret api, digunakan rel ketiga yang diterima dengan "sepatu" yang terdapat di bagian samping kereta.

Setiap pergerakan kereta api di jalur dan lapangan, sistem sinyal, dan distribusi energi berada di bawah komando dari (OCC). Komunikasi berjalan langsung, antara OCC dengan kereta, OCC dengan pengatur, OCC dengan menara kontrol lapangan, dan antara menara kontrol dengan kereta api. Dalam kondisi tertentu, dengan bantuan dari tim teknisi dan agen di stasiun metro dan pengadilan, dapat menggunakan struktur ini untuk menentukan langkah penting dalam memutuskan rute alternatif untuk kereta api. Hal ini terjadi karena pngaturan sinyal, kendali lalu lintas, dan sistem proteksi otomatis bagi kereta, yang memungkinkan keteraturan jarak antar kereta. Selain itu, sistem elektrik dapat mengatur koreksi dan perawatan harian.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan dari Brasilia Metro, yang menghubungkan Brasília ke beberapa tempat di wilayah federal Brazilia dimulai apda tahun 1992 dan tahap pertamanya mulai bekerja pada tahun 1999, namun karena banyaknya penundaan, Metro tidak dibuka pada waktu yang telah ditentukan (21 April 1994 pukul 17:00). Pengerjaan akhirnya selesai pada awal tahun 2001. Layanan komersial dimulai pada bulan September tahun tersebut. Pada bulan pertama, metro hanya beroperasi dari pukul 10:00 hingga 16:00 sejauh 32 km (19,8 mi) di jaringan sepanjang 41 km (25,4 mil). Lima stasiun tambahan dibuka pada tahun 2008: 108 Selatan, Guariroba, Ceilândia Dalam, Ceilândia Utara dan Ceilândia. 102 Selatan dan 112 Selatan dibuka pada tahun 2009. Stasiun Guará dibuka pada tahun 2010.

Karakteristik sistem[sunting | sunting sumber]

Sistem ini terdiri dari jalur Hijau dan Oranye. Kedua jalur tersebut dimulai di terminal bus pusat di Brasília dan berjalan paralel hingga stasiun águas Claras station. Jalur oranye berjalan ke selatan, menuju Terminal Samambaia; sedangkan jalur hijau berjalan menuju Ceilândia. Jalurini berjalan di bawah tanah pada bagian Brasília dan di Praça do Relógio, pusat dari Taguatinga. Selain dari bagian tersebut berjalan di permukaan tanah. Kecepatan komersial metro adalah 45 km/jam (27,9 mil/jam). Lebar sepur adalah 1600 mm dan memperoleh tenaga dari rel ketiga. Stasiunnya dilengkapi dengan tangga dan lift.

Jalur Terminal Peresmian Panjang (km) Stasiun Lama perjalanan (menit) Operasi
Hijau Pusat ↔ Ceilândia 31 Maret 2001 33 24 35 06:00 hingga 23:30 Senin hingga jumat; 07:00 hingga 19:00 pada akhir pekan
Oranye Pusat ↔ Samambaia 31 Maret 2001 42 19 30 06:00 hingga 23:30 Senin hingga jumat; 07:00 hingga 19:00 pada akhir pekan

Kereta api baru[sunting | sunting sumber]

PErtumbuhan dari Brasília Metro tidak hanya pada stasiun. Peningkatan volume penumpang harian juga mengindikasikan kebutuhan penambahan armada saat ini yang ahnya 20 unit. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan tambahan 12 unit. Unit pertama datang apda bulan Juni 2010. Semua kereta api tersebut menjalani pengujian kelayakan, dimana semua komponen sistem kelistrikan, rem, sinyal, dan komunikasi diperiksa. Pemeriksaan ini memakan waktu 390 hari. Armada baru memiliki sejumlah teknologi maju, yang mengurangi permasalahan teknis kereta dan mengurangi waktu tunggu di stasiun. Saat ini,, Metro-DF membawa sekitar 160.000 penumpang setiap hari.

Dengan semua kereta yang beroperasi, kapasitasnya menjadi hampir berlipat ganda, mencapai 300.000 pengguna harian. Pada 11 Maret 2011, seluruh kereta baru sudah tiba dan beroperasi sepenuhnya. Brasília Metro berinvestasi sebesar R$ 325 juta untuk memebeli kereta baru, meremajakan armada, dan membeli suku cadang. Dari dana tersebut, sebesar R$ 260 juta dibiayai oleh BNDES, sedangkan sisanya dibiayai oleh pemerintah federal.[1]


Kereta api ringan[sunting | sunting sumber]

Kereta Api Ringan Brasília menghubungkan Brasília Metro dengan Bandar Udara Internasional.

Pada tahun 2010 tahap pertama dari sistem transportasi baru di Brasília diresmikan. Sistem yang disebut Metro Ringan ini, akan berangkat dari Terminal Sayap Selatan dan akan memotong jalan selatan dan W3 dan melewati bagian atas 502 Utara. Hal ini merupakan satu dari tiga bagian yang disediakan oleh Pemerintah Distrik Federal untuk merevitalisasi W3. Jalur yang lengkap akan menghubungkan Terminal Sayap Utara Bandar Udara Internasional Juscelino Kubitschek dan diharapkan selesai pada tahun 2014, sebelum pelaksanaan Piala Dunia FIFA 2014. Pengerjaan tahap pertama dimulai pada paruh pertama tahun 2010, di bawah manajemen perusahaan Brasília Metro.

Jalur ini menggunakan energi listrik lembut, yang memebrikan kontribusi mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi suara. Pada sebagian besar jalur listrik akan disalurkan dari tiang dan kabel di sepanjang jalur. Di wilayah antara 502 Utara dan 502 Selatan, energi akan diterima dari rel, seperti yang diinginkan oleh Institut Sejarah dan Seni Budaya (Iphan). Rute ini akan melewati W3 Sul, salah satu bagian tersibuk di dalam kota dengan 60.000 mobil dan 800 bus per hari. Sekitar 150 rute bus melewati W3 Sul, dan diharapkan dapat digantikan oleh kereta api ringan yang akan membawa sekitar 15.000 dan 18.000 penumpang tiap jam di kedua arah.

Jika mengambil contoh sistem Metro, perusahaan Metro Distrik Federal mengharapkan sekitar 30% menggunak kendaraan pribadi meninggalkan kendaraannya dan mulai menggunakan sistem baru, yang lebih cepat, dapat diandalkan, bersih, nyaman, dan aman. Perubahan kondisi pasar lokal menjadi konsekuensi dari perubahan jalan masyarakat kota yang melalui W3. Berita baiknya adalah sebuah tempat besar akan dibangun di antara sektor komersial di Sektor Selatan dan Pátio Brasil, dan Sektor Komersial Utara dan pusat belanja Brasília, yang akan memfasilitasi pertemua warga kota. PAda tahun 2011 diharapkan akan dibuka jalur sepanjang 8,7 km (5,4 mil), 11 stasiun metro, dan akan memakan biaya R$ 780 juta. Biaya sebesar R$ 400 juta akan dibiayai oleh Agen Pengembangan Prancis dan sisanya ditanggung oleh Pemerintah Distrik Federal.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]