Brainware

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer. Brainware juga dikenal sebagai pengguna (user).[1]

Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software)

Istilah brainware komputer ditujukan untuk orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Secanggih-canggihnya sebuah komputer baik dari segi hardware atau software jika tidak ada brainware yang mengoperasikannya, maka fungsi hardware dan software komputer tersebut tidak akan bisa berjalan secara optimal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mulia Putri, Vanya Karunia (2021). "Definisi Brainware, Fungsi, dan Contohnya". kompas.com. Diakses tanggal 2021-12-28.