Bombax

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bombax
Bombax ceiba
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Bombax

Spesies[2]
Sinonim

Eriodendron DC.
Salmalia Schott & Endl.[1]

Bombax adalah sebuah genus tumbuhan dalam famili Malvaceae. Mereka berasal dari Afrika barat, anak benua India, Asia Tenggara, dan daerah subtropis Asia Timur dan Australia utara. Genus ini dibedakan dari genus Ceiba yang memiliki bunga lebih putih. Saat ini terdapat delapan spesies yang dikenali dalam genus ini.[3]

Spesies anggotanya yang terkenal yaitu Bombax ceiba (Randu alas) yang dibudidayakan secara luas di seluruh wilayah tropis dan subtropis di dunia. Spesies tumbuhan ini berasal dari Asia selatan dan timur serta Australia bagian utara.

Spesies anggota Bombax digunakan sebagai pakan oleh larva dari beberapa spesies serangga anggota ordo Lepidoptera, termasuk Bucculatrix kawahacma yang hanya memakan Randu alas.

Serat pohonnya 100% mengandung selulosa, mampu mengapung, tahan air, dan memiliki konduktivitas termal yang rendah. Di Asia seratnya terutama digunakan untuk isolasi di kantong tidur dan pelampung. Sebagaimana Kapuk randu, Seratnya juga digunakan sebagai isian bantal dan kasur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Genus: Bombax L". Germplasm Resources Information Network. United States Department of Agriculture. 2007-10-05. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-15. Diakses tanggal 2013-04-27. 
  2. ^ Plants of the World Online (POWO): Bombax L. (retrieved 10 April 2020)
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama GRINSpecies