Bokmål

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bokmål (harf. "bahasa buku") adalah penulisan standar bahasa Norwegia yang banyak digunakan1 lainnya adalah Nynorsk. Bokmål digunakan oleh sekitar 85% penduduk (tanpa memandang dialek dan merupakan standar yang biasa diajarkan bagi mahasiswa asing. Sebelum 1929 istilah resmi Bokmål adalah Riksmål. Secara historis, Bokmål adalah ragam bahasa Denmark yang dinorwegiakan, yang umum ditulis di Norwegia hingga awal abad ke-20 (lihat Dano-Norwegia).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Catatan 1: Bukan bahasa tuturan resmi, namun pelafalan Norwegia Timur atas Bokmål bisa dianggap sebagai standar de facto untuk bahasa Norwegia.[1]

Tata Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Bokmål memiliki sedikit perbedaan dengan Nynorsk dalam beberapa rincian tertentu tentang grammatika/tata bahasanya. Dalam bahasa Bokmål itu sendiri juga terdapat beberapa perbedaan kecil sesuai dialek penuturannya. Namun secara umum, tata bahasanya sama.

Kata Benda[sunting | sunting sumber]

Kata benda diinfleksikan menurut numera,genera dan kedefinitannya. Tidak seperti bahasa jermanik lainnya, artikel definit tidak berdiri sendiri (kecuali kata benda definit tersebut memakai kata sifat), namun diimbuhkan pada akhir kata benda tersebut. Setiap kata benda memiliki generanya masing-masing yang dapat berupa maskulin, feminin atau neutrum. Setiap kata benda dapat berubah sesuai genera dan kedefinitannya.

Kata benda maskulin tunggal memiliki artikel definit -en, sementara neutrum tunggal pada umumnya memakai artikel definit -et (ada kata-kata neutrum yang tidak memiliki akhiran sama sekali). Kata benda feminin tunggal, tergantung dialek, dapat memiliki bentuk artikel definit yang sama dengan maskulin tunggal atau berakhiran dengan -a. Bentuk definit jamak adalah -ene bagi semua genera.

Bentuk indefinit tunggal itu adalah akar kata itu sendiri atau ditambahkan dengan artikel indefinit yang berdiri sendiri di depan kata benda tersebut. Artikel indefinit tidak memiliki bentuk jamak. Bentuk artikel indefinit bagi masing-masing genera adalah en(maskulin & feminin) dan et(neutrum). Bentuk jamak adalah dengan diimbuhkan akhiran -er, namun sebagian kata benda neutrum cukup dengan akar kata itu sendiri.

Meskipun demikian, terdapat juga beberapa kata benda tidak beraturan yang infleksinya belum tentu sesuai dengan cara yang dieksposisikan di atas.

Untuk lebih detailnya, silahkan lihat Tatabahasa Kata benda Bokmål

Kata Kerja[sunting | sunting sumber]

Kata kerja dalam bahasa Bokmål diinfleksikan sesuai dengan kalanya(tense), pasif-aktifnya(voice) serta modusnya(mood). Terdapat juga bentuk-bentuk infinitif, gerund(verba nominal), partisip aktif dan partisip pasif.

Kata kerja dalam bahasa Bokmål, seperti bahasa Inggris, ada yang tergolong beraturan dan tidak beraturan. Kata kerja yang tidak beraturan merupakan kelanjutan dari kata kerja kuat dalam bahasa Norwegia kuno.

Untuk lebih detailnya, silahkan lihat Tatabahasa Kata kerja Bokmål

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kristoffersen, Gjert (2000). The Phonology of Norwegian. Oxford University Press. hlm. 6–11. ISBN 978-0-19-823765-5. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]