Bodoland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bendera Bodoland

Bodoland adalah wilayah yang terletak di sebelah utara tepi sungai Brahmaputra di negara bagian Assam di wilayah timur laut India, di kaki Bhutan dan Arunachal Pradesh; dihuni oleh grup etnis berbahasa Bodo. Kini peta Bodoland termasuk Distrik Wilayah Teritorial Bodoland yang diperintah oleh Dewan Teritorial Bodoland. Peta Bodoland termasuk distrik Kokrajhar, Baksa, Chirang dan Udalguri di negara bagian Assam. Kini, kota Kokrajhar merupakan ibu kota Bodoland.

Pendahuluan[sunting | sunting sumber]

bodoland (A tanah Bodos) adalah pintu gerbang ke theNorth Kawasan Timur India, whereone organisasi siswa utama, ABSU, bersama dengan organisasi lain telah menuntut negara terpisah (dalam theIndian Union) dibuat dengan mengukir beberapa delapan kabupaten negara saat ini Assam, yaitu kabupaten Kokrajhar, Dhubri, Bongaigaon, Barpeta, Nalbari, Kamrup, Darang dan Sonitpur, sementara di sisi lain juga menuntut sebagai negara berdaulat (Complete kemerdekaan) oleh militan separatis group NDFB. Saat Administrasi an autonomous unitconstituted bawah Keenam Jadwal theConstitution dari Indiacovering seluas 8795 km2 (Sementara).

Unit administratif telah dibuat dengan misi untuk mencapai PENGEMBANGAN bidang ekonomi, pendidikan, pelestarian hak atas tanah, aspirasi linguistik, sosial-budaya dan etnis identityof Bodos dan di atas semua untuk mempercepat pembangunan infrastruktur masyarakat di daerah BTC. Fungsi sebenarnya dari dewan dimulai pada tanggal 7 Desember 2003 oleh yang merupakan 12 anggota Dewan sementara. Afterthe Pemilihan Dewan pada 13 Mei 2005 dan selanjutnya bye-pemilu pada bulan November 2005, Dewan Legislatif 40-anggota telah dibentuk untuk mengurus pembangunan bekerja di Kabupaten Teritorial di Area bodoland. Keenam anggota yang tersisa dicalonkan oleh Gubernur Assam dari Komunitas terwakili. Jadi ada sama sekali 46 anggota Dewan, yang mewakili semua masyarakat dari BTC Area.

Sebagai per Nota Penyelesaian dalam pembicaraan tripartit pada tahun 2003, 40 mata pelajaran telah dipercayakan kepada Otoritas BTC untuk semua pengembangan putaranorang-orang di daerah ini. Mata pelajaran termasuk Tribal Research Institute, Lotteries dan Teater, Memabukkan Minuman keras, dan Pendaftaran Kelahiran dan Kematian.Seluruh area tercakup dalam BTC telah diakui dengan Kokrjhar sebagaikabupaten asli dan membentuk kabupaten baru lainnya sehingga sebanyak empat kabupaten di Kawasan BTC. Daerah di bawah empat kabupaten telah diperkirakan sebagai berikut:

Sl No Name of
the District
Area in km2. Population (census 2011)
1 Kokrajhar 3,169.20 887,142
2 Chirang 1,069.96 482,162
3 Baksa 3,056.89 950,075
4 Udalguri 1,673.93 831,668
Total 8,969.98 3,151,047

Pranala luar[sunting | sunting sumber]