Bloody Mary (South Park)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bloody Mary
Episode South Park
Nomor episodeMusim 9
Episode 14
SutradaraTrey Parker
PenulisTrey Parker
Tanggal siar7 Desember 2005
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Free Willzyx"
Selanjutnya →
"The Return of Chef"

"Bloody Mary" adalah episode keempatbelas serial animasi South Park musim kesembilan. Episode ini merupakan episode South Park ke-139, dan awalnya disiarkan oleh Comedy Central di Amerika Serikat pada tanggal 7 Desember 2005. Dalam episode ini, Randy tertangkap menyetir dalam keadaan mabuk, sehingga surat izin mengemudinya dicabut. Ia kemudian diperintahkan untuk menghadiri pertemuan Alcoholics Anonymous, dan kemudian ia mulai berkeyakinan bahwa kecanduan alkohol adalah penyakit yang fatal. Sementara itu, patung Bunda Maria mulai mengeluarkan darah "dari pantatnya" dan Randy berkeyakinan bahwa ia dapat "disembuhkan" bila ia dimandikan dengan darah tersebut.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Stan, Cartman, Kyle dan Ike mengikuti kelas karate, sementara ayah Stan yang bernama Randy pergi untuk minum alkohol. Seusai kelas, Randy yang sedang mabuk mengantarkan mereka pulang dengan mobil, tetapi ia ditangkap karena terbukti mabuk saat menyetir. Surat izin mengemudinya dicabut dan ia diharuskan ikut pertemuan Alcoholics Anonymous, dan di situ ia mengikuti program dua belas langkah yang membuatnya berkeyakinan bahwa ia tidak dapat mengendalikan kecanduan alkoholnya dan kecanduannya merupakan suatu penyakit. Randy kemudian mulai minum lebih banyak, karena ia merasa bahwa ia tidak dapat mengendalikannya dan tak dapat berhenti. Sementara itu, patung Bunda Maria mulai mengeluarkan darah "dari pantatnya" dan orang-orang mulai mendatangi patung tersebut untuk menyembuhkan penyakit mereka. Randy berkeyakinan bahwa mukjizat tersebut dapat menyembuhkan penyakitnya.

Randy menyuruh Stan membawanya ke gereja tempat patung tersebut berdiri, dan setelah menyerobot (dengan menyatakan bahwa "penyakit"nya lebih parah dari yang lain) ia dimandikan dengan darah dari patung tersebut. Randy lalu melompat dan menyatakan bahwa ia tidak akan minum alkohol lagi dan tidak minum selama lima hari.

Paus Benediktus XVI datang untuk menyelidiki dan menemukan bahwa darah tidak mengucur dari anus patung tersebut, tetapi dari vaginanya. "Perepmpuan selalu mengeluarkan darah dari vaginanya", sehingga hal ini tidak dianggap sebagai mukjizat. Randy merasa kecewa dan menyadari bahwa Tuhan tidak "menyembuhkannya". Awalnya ia kembali menyatakan diri sebagai orang yang tidak berdaya, dan sebagian besar pecandu alkohol lainnya setuju dan bergegas menuju bar. Namun Stan mengikuti Randy dan meyakinkannya bahwa jika Tuhan tidak membantunya, maka ia sudah berhasil berhenti dengan upayanya sendiri.

Randy menyatakan bahwa ia tidak akan minum alkohol lagi. Stan juga menolak hal tersebut, dan mengklaim bahwa jika Randy tidak minum sama sekali, maka alkohol masih mengendalikan hidupnya dan ia hanya perlu mengurangi alkohol yang diminum. Randy dan Stan lalu pulang sembari mendiskusikan jumlah alkohol yang dianggap cukup.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Episode ini disiarkan pada tanggal 7 Desember 2005 pada malam Perayaan Dikandung Tanpa Noda, yang merupakan perayaan Katolik yang berkaitan dengan Bunda Maria. Episode "Bloody Mary" memicu kontroversi. Liga Katolik Amerika Serikat menuntut permohonan maaf dan meminta agar episode itu ditarik untuk selamanya dan tidak dimasukkan ke dalam versi DVD.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Virgin Mary defiled on "South Park"" (Siaran pers). Catholic League (U.S.). 2005-12-08. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-18. Diakses tanggal 2006-07-06.  "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-18. Diakses tanggal 2018-01-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]