Pemrograman blok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Blok pemrograman)

Dalam penyiaran, pemrograman blok atau blok acara adalah penyusunan program di radio atau televisi yang mengumpulkan acara-acara dengan genre, tema, atau audiens target yang sama dalam satu kelompok.

Pemrograman blok melibatkan penjadwalan suatu seri acara terkait yang kemungkinan dapat menarik dan mempertahankan banyak audiens dalam jangka panjang,[1] Blok acara yang lebih panjang, khususnya yang tidak ditayangkan dalam jadwal seperti biasanya, dikenal sebagai maraton.

Beberapa blok acara menjadi begitu populer hingga mampu bertransformasi menjadi saluran yang berdiri sendiri. Di Amerika Serikat, saluran-saluran yang bermula dari blok acara antara lain TeenNick (aslinya merupakan blok acara di Nickelodeon dan Noggin);[2] Disney Junior (yang masih merupakan blok acara di Disney Channel); Nick Jr. (yang masih bersiaran di Nickelodeon); Cartoonito (yang masih bersiaran di Cartoon Network); dan PBS Kids, saluran 24 jam yang mana stasiun-stasiun anggota jaringan PBS dapat menyediakan saluran ini di samping blok acara anak-anak yang tayang di saluran utama PBS.[3]

Istilah "pemrograman blok" tidak banyak dikenal di Indonesia, meski telah ada acara-acara yang ciri-cirinya menyerupai istilah ini. Pemrograman ini, khususnya di televisi, muncul setidaknya saat Selamat Pagi Indonesia (kemudian Indonesiaku) tayang di TVRI pada dekade 1980-an.[butuh klarifikasi] Terdapat beberapa contoh pemrograman blok televisi yang sedang atau pernah ditayangkan di Indonesia, di antaranya:

  • MTV Indonesia yang pernah ditayangkan di ANTV dan Global TV (kini GTV),
  • Discovery Channel yang pernah ditayangkan di TPI (kini MNCTV) dan TVRI,
  • Blok acara animasi Nickelodeon dengan nama Nickelodeon di ANteve di ANteve (kini ANTV), Nick on TV7 di TV7 (kini Trans7), Nick on Lativi di Lativi (kini tvOne) dan Nick di Global TV di Global TV (kini GTV),
  • Lativi Kids yang pernah ditayangkan di Lativi,
  • Star Kids yang pernah ditayangkan di ANTV,
  • NET. Toon, blok acara animasi Cartoon Network di NET.,
  • Belajar dari Rumah yang pernah ditayangkan di TVRI,
  • Mola Hours, blok acara dari Mola yang ditayangkan di Magna Channel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Programming". www.museum.tv. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-12. Diakses tanggal 2017-10-17. 
  2. ^ 'Nick’ Of Time For Rebrand - N, Noggin To Adopt Parent Net's Family Name Multichannel News, 2 Maret 2009
  3. ^ "PBS KIDS widens access with 24/7 channel offerings". Kidscreen. 2016-02-23. Diakses tanggal 2017-10-17.