Blanca dari Navarra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Blanca dari Navarra
PasanganSancho III dari Kastilia
Keluarga bangsawanWangsa Jiménez
BapakGarcía Ramírez
IbuMarguerite de L'Aigle
Lahirsetelah 1133
Laguardia, Álava
Meninggal12 Agustus 1156

Blanca dari Navarra (set. 1133, Laguardia, Álava – 12 Agustus 1156) merupakan seorang permaisuri Kastilia. Ia adalah putri García Ramírez dan istri pertamanya Marguerite de L'Aigle.

Blanca menikah dengan Sancho III dari Kastilia, rekan-pemimpin Raja (dengan ayahandanya) pada tanggal 30 Januari 1151 di Calahorra, Logroño; namun ia meninggal sebelum pengangkatan suaminya sebagai pemimpin tunggal pada tahun 1157. Ia memiliki setidaknya seorang putra yang dimakamkan di dalam gereja San Pedro, Soria. Pada tnaggal 11 November 1155 ia melahirkan calon raja Alfonso VIII. Tampaknya tidak terdapat catatan mengenai kegiatan dirinya setelah itu, kecuali catatan mengenai kematiannya pada tanggal 12 Agustus 1156. Diduga ia meninggal dari komplikasi kehamilannya yang baru, seorang sejarawan seni Elizabeth Valdez del Álamo menyatakan bahwa ia meninggal dari komplikasi ketika melahirkan putranya.[1] Kematiannya yang disebabkan oleh kehamilan tercatat di atas batu nisan.

Ia dan Sancho memiliki setidaknya dua orang putra:

Ada juga kemungkinan bahwa putra yang lebih tua meninggal saat masih bayi.

Sancho menyumbangkan uang kepada sebuah biara yang disebut Santa María la Real dari Nájera dimana Blanca dimakamkan. Sarkofagus ratu dianggap sebagai contoh utama dari sebuah keahlian di dalam mengekspresikan emosi artistik manusia pada abad ke-12.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elizabeth Valdez del Álamo, Lament for a lost queen: the sarcophagus of Doña Blanca in Najera. The Art Bulletin, June, 1996.