Björn Andrésen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Björn Andrésen
Andrésen, 1970
LahirBjörn Johan Andrésen
26 Januari 1955 (umur 69)
Stockholm, Swedia
Pekerjaan
  • Aktor
  • musisi
Tahun aktif1970–sekarang
Suami/istri
Susanna Roman
(m. 1983)
Anak2
Death in Venice in 1971
Luchino Visconti, Sergio Garfagnoli dan Björn Andrésen selama pembuatan film Death in Venice, 1971

Björn Johan Andrésen (lahir 26 Januari 1955) adalah seorang aktor dan musisi asal Swedia. Dia terkenal karena memerankan Tadzio remaja berusia 14 tahun dalam film Death in Venice yang membuatnya disebut-sebut sebagai pemuda tertampan di dunia.[1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ayah Andrésen tidak pernah diidentifikasi dan ibunya, Barbro Elisabeth Andrésen, bunuh diri saat dia berusia 10 tahun.[a] Dia kemudian dibesarkan oleh kakek nenek dari pihak ibu. Sebagian dari sekolahnya adalah di sekolah berasrama di Denmark.[a] Sebagai siswa Andrésen menghadiri Sekolah Musik Adolf Fredrik di Stockholm.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Andrésen hanya muncul dalam satu film, En kärlekshistoria (1970), pada saat dia dimasukkan Death in Venice, yang membuatnya mendapatkan pengakuan internasional. Peran Andrésen sebagai Tadzio, pemuda Polandia yang tampan dengan protagonis film yang lebih tua Gustav von Aschenbach (diperankan oleh Dirk Bogarde) menjadi terobsesi. Sejarawan film Lawrence J. Quirk berkomentar dalam studinya The Great Romantic Films (1974) bahwa beberapa bidikan Andrésen "dapat diambil dari bingkai dan digantung di dinding Louvre atau Vatikan". Mengikuti Festival Film Cannes setahun setelah pemutaran perdana Kematian di Venesia, Andrésen menerima berita utama internasional sebagai pemuda tertampan di dunia.[1]

Andrésen kemudian menggambarkan ketidaknyamanannya dengan perannya dalam Kematian di Venesia dan sutradaranya Luchino Visconti, menyatakan bahwa "Saat saya menontonnya sekarang, saya melihat bagaimana bajingan itu mempermalukan saya."[3] Pada saat film dirilis, desas-desus beredar di Amerika Serikat bahwa Andrésen adalah gay (karena perannya menuntut agar ia tampak bertukar pandang romantis dengan protagonis, dan pada kesempatan lain, menjadi dicium dan dibelai oleh remaja laki-laki lain), yang dengan tegas dibantah oleh Andrésen. Setelah pemutaran perdana film tersebut, Visconti menekan Andrésen untuk menghadiri klub gay, di mana dia merasa tidak nyaman dengan tatapan pria dewasa; Andrésen kemudian menggambarkan pengalaman itu sebagai "neraka".[3][4][5]

Bersemangat menghilangkan desas-desus tentang seksualitasnya dan melepaskan citra pemuda yang tampan, Andrésen menghindari peran dan bagian homoseksual yang menurutnya akan mempermainkan ketampanannya, dan jengkel ketika penulis feminis Germaine Greer menggunakan fotonya di sampul bukunya The Beautiful Boy (2003) tanpa seizinnya.[6] Greer berkonsultasi dengan fotografer David Bailey (yang memiliki hak cipta atas gambar dirinya) sebelum menerbitkan buku tersebut. Andrésen menyatakan bahwa hal yang terjadi adalah praktik umum ketika suatu pihak menggunakan gambar seseorang yang telah dilindungi hak cipta oleh orang yang berbeda dan memberi tahu orang tersebut bahwa dia tidak akan memberikan persetujuannya kepada Greer menggunakan fotonya jika dia telah memberi tahu dia tentang dirinya.

Setelah perilisan Death in Venice, Andrésen menghabiskan waktu yang lama di Jepang dan muncul di sejumlah iklan televisi dan juga merekam beberapa lagu pop. Dikatakan bahwa penampilannya sebagai Tadzio dalam film tersebut memengaruhi banyak artis anime Jepang (dikenal karena penggambaran pria muda dan cantik yang dikenal sebagai "Bishōnen"), terutama Keiko Takemiya. Andrésen sangat menyukai Jepang sejak saat itu dan telah mengunjungi negara itu lagi selama bertahun-tahun.[7] Kedatangan Björn Andrésen di Tokyo digambarkan mirip dengan pendaratan The Beatles di Amerika. Aktor muda ini disambut dengan histeria massal dan mendapat banyak perhatian wanita.[8]

Andrésen telah muncul di beberapa film lainnya.[9] Termasuk Smugglarkungen (1985), Kojan (1992), Pelikaanimies (2004),[10] dan Midsommar (2019).

Selain menjadi seorang aktor, Andrésen adalah seorang musisi profesional, dan hingga saat ini dia masih tampil dan melakukan tur secara rutin dengan band dansa Sven Erics.[11][12] Pada tahun 2021 Andrésen memfokusikan diri ke The Most Beautiful Boy in the World, film dokumenter merincikan pengalamannya pasca-ketenaran film Death in Venice.[13]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Andrésen tinggal di Stockholm. Dia memiliki seorang putri, Robine (b. 1984), dengan istrinya, penyair Susanna Roman.[14][15] Andrésen dan istrinya Susanna memiliki anak lagi, seorang putra bernama Elvin, yang meninggal karena sindrom kematian bayi mendadak pada usia 9 bulan. Andrésen mengalami depresi panjang setelah kematian putranya. Dalam sebuah wawancara pada tahun 2020, Andrésen menyatakan bahwa dia yakin akan bertemu lagi dengan putranya "di akhirat".[16] Andrésen memiliki dua cucu, laki-laki dan perempuan.[17]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Dokumenter[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Seperti yang didokumentasikan dalam The Most Beautiful Boy in the World (2021), Andrésen membahas kehidupan keluarga dengan saudara perempuannya. Dia juga membahas tentang kehidupan pesantren. Film dokumenter itu juga menunjukkan dia melihat catatan polisi tentang kematian ibunya. Dia hilang pada Oktober 1965 ketika Andrésen berusia 10 tahun dan tubuhnya ditemukan di hutan pada Mei 1966.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Fallon, Kevin (29 January 2021). "The Tragic Curse of Being the Most Beautiful Boy in the World". Dailybeast. Diakses tanggal 30 January 2021. 
  2. ^ Ashley Wyman (7 November 2014). "Björn Andresen". Ashley Wyman Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 December 2014. Diakses tanggal 24 December 2014. 
  3. ^ a b Lang, Brent (30 November 2021). "Björn Andrésen on His Tortured Relationship With Luchino Visconti's 'Death in Venice': 'That Son of a Bitch Sexualized Me'". Variety. Diakses tanggal 20 November 2022. Andrésen sangat kesal saat sutradara menekannya untuk pergi ke klub gay di mana dia merasa dijadikan objek. "Itu sangat tidak nyaman," kata Andrésen. "Saya sendirian dengan sekelompok pria. Saya mengatasi situasi ini. Saya mabuk dan saya tidak ingat bagaimana saya kembali ke hotel. Saya pikir [Visconti] sedang menguji saya untuk melihat apakah saya gay." 
  4. ^ Kaufman, Sophie Monks (26 July 2021). "Death in Venice and how film has mistreated child stars". BBC. Diakses tanggal 20 November 2022. Andrésen recounts in The Most Beautiful Boy in the World that during filming, Visconti had warned the crew that he was sexually off limits – but this protection ended once the film was wrapped, when in Andrésen's words, he had "served [Visconti's] purpose". After the Cannes premiere, he was taken to a gay club by Visconti while very drunk, an experience he describes in the film as "hell". 
  5. ^ "'I'm not Germaine's toy,' says cover boy". Fairfax Digital. 18 October 2003. Diakses tanggal 25 December 2008. Andresen said that when he was 16, Visconti would take him to gay clubs where he was made uncomfortable by grown men staring at him: 'They looked at me uncompromisingly as if I was a nice meaty dish.' 
  6. ^ Seaton, Matt (16 October 2003). "'I feel used'". guardian.co.uk. Diakses tanggal 25 December 2008. Sometimes he still sees his image as Tadzio in a poster or in a cinema flyer; it used to cause him irritation, but not any more. 'My career is one of the few that started at the absolute top and then worked its way down,' he says. 'That was lonely.' 
  7. ^ A Gentle Viking. Björn Andrésen Diarsipkan 3 August 2019 di Wayback Machine.. 26 November 2018.
  8. ^ Fallon, Kevin (30 January 2021). "The Tragic Curse of Being the 'Most Beautiful Boy in the World'". The Daily Beast (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2 February 2021. 
  9. ^ Filmography
  10. ^ Andrésen may be seen as he is today at the website for Pelikaanimies in which he played a pianist Diarsipkan 2017-05-17 di Wayback Machine.
  11. ^ "The Sven Erics, now without Andresen". Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 November 2019. Diakses tanggal 6 April 2006. 
  12. ^ "Andrésen plays keyboard in his days with the Sven Erics". Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2016. Diakses tanggal 9 June 2006. 
  13. ^ "BBC Four - Arena, the Most Beautiful Boy in the World". 
  14. ^ "Skådespelaren Björn Andrésen anklagar sig själv för sonens död". Aftonbladet (dalam bahasa Swedia). Diakses tanggal 31 January 2021. 
  15. ^ "Death in Venice [Morte a Venezia] ***** (1971, Dirk Bogarde, Björn Andrésen, Silvana Mangano, Romolo Valli, Mark Burns, Marisa Berenson) – Classic Film Rview 607". Derek Winnert. 2 January 2014. Diakses tanggal 1 February 2021. 
  16. ^ möter, Katarina Hahr. "Katarina Hahr möter – Lyssna här". Podtail (dalam bahasa Swedia). Diakses tanggal 2 February 2021. 
  17. ^ Radio, Sveriges. "BJÖRN ANDRESEN: Min passion för mamma blev aldrig besvarad - Katarina Hahr möter". sverigesradio.se (dalam bahasa Swedia). Diakses tanggal 1 February 2021. 
  18. ^ Worldcat page for In extremis by Faure (DVD) accessed 4 November 2022
  19. ^ "The Hotel (2016)". Svensk Filmdatabas – den bästa källan om svensk film. 29 April 2016. Diakses tanggal 1 February 2021. 
  20. ^ "Sundance: 'The Most Beautiful Boy in the World' Doc Lands at Juno Films". Hollywood Reporter. 18 January 2021. Diakses tanggal 20 January 2021. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Dye, David. Child and Youth Actors: Filmography of Their Entire Careers, 1914-1985. Jefferson, NC: McFarland & Co., 1988, p. 6.
  • Holmstrom, John. The Moving Picture Boy: An International Encyclopaedia from 1895 to 1995. Norwich, Michael Russell, 1996, p. 308–309.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]