Bibliotek Iskandariyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gedung Perpustakaan Bibliotek Alexandria

Bibliotek Alexandria (Maktabat al-Iskandarīyah , مكتبة الإسكندرية) adalah sebuah perpustakaan utama dan pusat budaya yang terletak di pantai Laut Tengah di Mesir tepatnya di kota Alexandria. Perpustakaan ini merupakan sebuah peringatan untuk Perpustakaan Alexandria yang hilang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ide untuk menghidupkan kembali perpustakaan kuno tersebut kembali ke 1974, ketika sebuah komite yang dibentuk oleh Universitas Alexandria memilih sebuah lokasi untuk perpustakaan baru, antara kampus dan laut, dekat dengan perpustakaan kuno dulu berdiri. Ide untuk menciptakan kembali perpustakaan kuno tersebut diterima dengan entusias oleh pribadi dan agensi lain.

Salah satu pendukung utama proyek ini adalah Presiden Mesir Hosni Mubarak; UNESCO juga cepat tanggap terhadap ide memberikan daerah Laut Tengah dengan pusat budaya dan sains yang maju. Sebuah kompetisi arsitektur, yang diatur oleh UNESCO pada 1988 untuk memilih desain yang layak untuk tempat tersebut dan warisannya, dimenangkan oleh perusahaan Norwegia Snøhetta dari lebih dari 1.400 masukan lainnya.

Pada sebuah konferensi yang diadakan pada 1990 di Aswan, bantuan pertama pembiayaan untuk proyek tersebut diberikan: US$65 juta, kebanyakan dari negara-negara Arab. Konstruksi dimulai pada 1995 dan setelah menghabiskan US$220 juta, kompleks ini akhirnya diresmikan pada 16 Oktober 2002.

Bangunan dan Koleksi Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Bagian dalam Perpustakaan

Dimensi dari proyek gedung ini adalah perpustakaan memiliki ruang pajang untuk delapan juta buku, dengan ruang baca utama yang meliputi 70.000 m² atas sebelas tingkat cascading. Kompleks ini juga menampung sebuah pusat konferensi; khusus perpustakaan untuk peta, multimedia, buta dan tunanetra orang muda, dan untuk anak-anak, empat museum, galeri seni empat untuk pameran sementara; 15 pameran permanen, planetarium, dan sebuah laboratorium restorasi naskah . Arsitektur perpustakaan adalah sama mencolok. Ruang baca utama berdiri di bawah atap 32-meter-tinggi berpanel kaca, miring ke arah laut seperti sebuah jam matahari, dan mengukur beberapa m 160 diameter. Dinding granit abu-abu Aswan diukir dengan karakter 120 script manusia yang berbeda.

Koleksi di Bibliotheca Alexandrina disumbangkan dari seluruh dunia. Para disumbangkan dokumen Spanyol yang rinci masa kekuasaan Moor. Orang Prancis juga menyumbangkan, memberikan dokumen perpustakaan berurusan dengan pembangunan Terusan Suez.

Bibliotheca Alexandrina mempertahankan satu-satunya salinan cadangan dan eksternal dari Internet Archive.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]