Bibliomania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bibliomania bisa menjadi gejala gangguan obsesif-kompulsif yang melibatkan pengumpulan atau bahkan penimbunan buku sampai pada titik di mana hubungan sosial atau kesehatan rusak.

Bibliomania tidak sama dengan bibliofilia, yang merupakan kecintaan terhadap buku (yang sehat secara psikologis), dan karena itu tidak dianggap sebagai gangguan psikologis klinis.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Salah satu dari beberapa perilaku tidak biasa yang terkait dengan buku, bibliomania ditandai dengan pengumpulan buku yang tidak berguna bagi kolektor atau nilai intrinsik yang besar bagi kolektor buku asli. Pembelian beberapa eksemplar buku dan edisi yang sama dan akumulasi buku di luar kapasitas penggunaan atau kenikmatan yang mungkin merupakan gejala bibliomania yang sering terjadi.[1] Bibliomania bukanlah gangguan psikologis yang diakui oleh American Psychiatric Association dalam DSM-IV-nya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hooked and Booked". Psychology Today (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-05-25. 
  2. ^ Agrawal, Mukta (2015-09-09). "A Detailed Study About Bibliomania". InlifeHealthCare. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-02. Diakses tanggal 2017-05-25. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Video luar
Booknotes interview with Nicholas Basbanes on A Gentle Madness, October 15, 1995, C-SPAN

Pranala luar[sunting | sunting sumber]