Biaya tetap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pembagian biaya total: biaya tetap ditambah biaya variabel.

Dalam ekonomi, biaya tetap adalah pengeluaran bisnis yang tidak bergantung pada tingkat barang atau jasa yang dihasilkan oleh bisnis tersebut [1] Pengeluaran ini berkaitan dengan waktu, seperti gaji atau beban sewa yang dibayar setiap bulan, dan sering disebut sebagai pengeluaran tambahan. Ini berbeda dengan biaya variabel yang berkaitan dengan volume (dan dibayar per barang/jasa yang diproduksi).

Dalam akuntansi manajemen, biaya tetap didefinisikan sebagai pengaluran yang tidak berubah sebagai fungsi dari aktivitas suatu bisnis dalam periode yang sama. Contohnya, seorang pedagang eceran harus membayar tagihan sewa dan sarana tanpa melihat hasil penjualannya.

Bersama biaya variabel, biaya tetap membentuk satu dari dua komponen biaya total: biaya total sama dengan biaya tetap ditambah biaya variabel.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DR jake, mitchell; alan price (2003). Economics: Principles in action. Upper Saddle River, New Jersey 07458: Pearson Prentice Hall. hlm. 111. doi:alex sulemanCheck |doi= value (help). ISBN 0-13-063085-3.