Biara Kreuzlingen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Biara Santo Ulrich dan Santa Afra

Biara Kreuzlingen (Stift Kreuzlingen atau Kloster Kreuzlingen), adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang terletak di Kreuzlingen di Swiss, di perbatasan dengan Jerman. Biara ini didirikan pada sekitar tahun 1125 oleh Ulrich I dari Dillingen, Uskup Konstanz, sebagai rumah Kanon Augustinus. Pada tahun 1848, pemerintah Kanton Thurgau membubarkan biara dan mengambil alih propertinya. Gereja bekas biara Santo Ulrich dan Santa Afra, didekorasi dengan gaya Baroque, patut diperhatikan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum pondasi[sunting | sunting sumber]

Santo Conrad, Uskup Konstanz dari tahun 935 hingga 976, membawa kembali dari Yerusalem sebuah pecahan dari Salib Sejati, yang ia serahkan ke rumah sakit yang dimilikinya didirikan di pinggiran Stadelhofen dan dari situlah diambil nama "Crucelin"[1] yang kemudian menjadi Crucelingen / Kreuzlingen. Pada tahun 1093 rumah sakit ini dibakar selama permusuhan antara Uskup Constance dan Kepala Biara St. Gall.

Yayasan[sunting | sunting sumber]

Ulrich I, uskup Constance dari tahun 1111 hingga 1127, memulihkan rumah sakit Kreuzlingen yang terlantar pada sekitar tahun 1125 dengan mendirikan, di tepi timur pinggiran kota Stadelhofen, sebuah rumah Kanon Augustinian (memang, salah satu yang paling awal) didedikasikan kepada Santo Ulrich dan Afra.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ dalam Latin, "Crucis Lignum" berarti "kayu salib", meskipun "crucelin" juga bisa menjadi MHG kecil - "salib kecil"
  2. ^ Uskup Ulrich, dari keluarga Pangeran Dillingen, adalah keturunan Saint Ulrich, Uskup Augsburg.