Biara Fleury

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Fleury
Basilika Benediktin Santo Benediktus dari Nursia di Fleury
bahasa Prancis: Abbaye de Saint-Benoît-sur-Loire
LokasiSaint-Benoît-sur-Loire
Negara Prancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBiara
Status fungsionalAktif

Biara Fleury (bahasa Prancis: Abbaye de Saint-Benoît-sur-Loire, bahasa Latin: Floriacum) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik, dikelola oleh Ordo Benediktin yang terletak di Saint-Benoît-sur-Loire, Loiret, Prancis. Biara ini didirikan pada sekitar tahun 640,[1] menjadi salah satu biaraBenediktin yang paling terkenal di seantero Eropa Barat, dan memiliki relik Santo Benediktus dari Nursia. Lokasinya yang berada di tepi sungai Loire membuatnya mudah diakses dari Orléans, pusat kebudayaan yang tidak terputus sejak zaman Romawi.[2] Pada tahun 2010, biara ini memiliki lebih dari empat puluh biarawan yang dipimpin oleh kepala biara Etienne Ricaud.[3]

Abbo dari Fleury (meninggal tahun 1004) seorang biarawan dan kepala biara Fleury adalah seorang teolog dengan kecerdasan yang luas; hidupnya ditulis oleh penulis sejarah Aimoin, juga seorang biarawan Fleury. Andreas dari Fleury (menulis c. 1043) menulis Miracula sancti Benedicti. Hugh dari Fleury (meninggal setelah tahun 1118) adalah seorang biarawan Fleury yang terkenal karena kronik dan tulisannya yang lain.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Butler, Alban (1845). The Lives of the Fathers, Martyrs, and Other Principal Saints, Volume 3. Dublin. hlm. 218. 
  2. ^ Biara ini terletak sekitar 35 km tenggara Orléans.
  3. ^ "Abbaye de Fleury". Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan).