Biara Dormisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Dormisi
Biara Dormisi
Biara Dormisi di Jerusalem
Biara Dormisi
Location within Old Jerusalem
Informasi biara
OrdoBenediktin
DidirikanAwal abad ke-5
Didedikasikan kepadaTertidurnya Bunda Maria
Tokoh
AbbasYang Mulia Abbas Mgr. Nikodemus Schnabel
Arsitektur
StatusBiara, basilika minor
Status fungsionalAktif
ModelRomanesque Revival
Situs
LokasiYerusalem,  Israel
Akses publikyes

Biara Dormisi (Jerman: Dormitio-Abtei, Ibrani: כנסיית הדורמיציון Knesia HaDormitsiyon, Arab: كنيسة رقاد السيدة ال baiklah ) adalah sebuah biara Katolik bagi para biarawan Ordo Benediktin yang terletak di Yerusalem, di Gunung Sion, tepat di luar tembok Kota Tua dekat Gerbang Sion. Biara ini dikatakan menandai tempat di mana Maria, ibu Yesus, meninggal.

Antara tahun 1998 dan 2006 komunitas ini dikenal sebagai Biara Hagia Maria Sion,[1] mengacu pada basilika Hagia Sion yang berdiri di tempat ini selama Periode Bizantium, tetapi nama aslinya kembali digunakan pada perayaan seratus tahun biara tersebut pada tahun 2006. "Hagia Maria Sion" sekarang menjadi nama yayasan yang mendukung bangunan biara, komunitas dan karya akademis.

Dalam beberapa tahun terakhir, gereja ini menjadi sasaran vandalisme dan penodaan yang dilakukan oleh kelompok nasionalis ekstremis Israel.[2]

Sejarah penciptaan[sunting | sunting sumber]

Basilika Bizantium Hagia Sion dibangun pada masa pemerintahan Yohanes II, Uskup Yerusalem pada awal abad ke-5. Peninggalan yang dikaitkan dengan Santo Stefanus dipindahkan ke gereja pada tanggal 26 Desember 415. Gereja tersebut ditunjukkan pada Peta Madaba abad ke-6. Kota ini dihancurkan dalam 614 penjarahan Yerusalem oleh raja Sasanian Khosrau II.

Fondasinya ditemukan kembali pada tahun 1899, ketika arsitek dan manajer konstruksi Keuskupan Cologne, Heinrich Renard [de] (1868–1928), menyelidiki situs tersebut. Bargil Pixner mengajukan teori pra-Tentara Salib Gereja Zion, kelanjutan dari jemaat awal Yahudi-Kristen dan rumah ibadah mereka, yang terletak di Peta Madaba di sebelah basilika Hagia Sion.[3]

Biara Asrama di belakang Biara Zion Hagias Yunani

Sebuah ordo biara yang dikenal sebagai Biara Bunda Maria dari Gunung Zion didirikan di situs tersebut pada abad ke-12, dengan sebuah gereja yang dibangun di atas reruntuhan gereja Bizantium yang sebelumnya dihancurkan. Gereja abad ke-12 kembali dihancurkan pada abad ke-13, dan para biarawan pindah ke Sisilia. Ordo tersebut akhirnya diserap ke dalam Yesuit pada tahun 1617 (Kongregasi Notre-Dame de Sion adalah sebuah ordo monastik yang tidak ada hubungannya dan didirikan pada tahun 1843).[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Atau "Asumsi"
  2. ^ Kotor. "Jaksa membatalkan kasus terhadap aktivis sayap kanan dalam pembakaran gereja di Yerusalem".  Tidak memiliki parameter |last1= di Authors list (bantuan)
  3. ^ Bargil Pixner, Wege des Messias und Stätten der Urkirche. 2., Auflage erweiterte. Brunnen, Giessen 1994, hal. 110f.
  4. ^ Mémoires de la Société nationale des antiquaires de France, buku tebal XLVIII. Nomor Referensi File untuk artikel ini di Perpustakaan Nasional Prancis di Paris adalah 8-O2F-762.