Bhagya Lakshmi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bhagya Lakshmi
GenreDrama
Ditulis oleh
  • Anil Nagpal
  • Kavita Nagpal
  • Mrinal Tripathi
  • Dialog
  • Dheeraj Sarna
  • Nishchal Shome
SutradaraRakesh Malhotra
Pengarah kreatifShivangi Babbar
PemeranAishwarya Khare
Rohit Suchanti
Maera Mishra
Penggubah lagu tema
  • Lalit Sen
  • Nawab Arzoo
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode850
Produksi
ProduserEkta Kapoor
SinematografiManeesh Malik
Penyunting
  • Vikas Sharma
  • Vishal Sharma
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi22 menit
Rumah produksiBalaji Telefilms
Rilis asli
JaringanZee TV
Format gambar
Rilis03 Agustus 2021 (2021-08-03) –
sekarang

Bhagya Lakshmi adalah serial drama televisi India yang tayang perdana pada 3 Agustus 2021 di Zee TV dan pelantar digital Zee5.[1] Acara ini diproduksi oleh Ekta Kapoor di bawah bendera Balaji Telefilms.[2] Acara ini dibintangi Aishwarya Khare dan Rohit Suchanti.[3]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Ditayangkan Keterangan Saluran TV
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 157 19 Juni 2023 (2023-06-19) 22 November 2023 (2023-11-22) Tayang Perdana ANTV

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berasal dari keluarga Hindu Punjabi kelas menengah, Bajwa siap untuk menikahkan putri mereka Lakshmi dengan Varun. Namun, saat mencapai mandap dengan bus, orang tua Lakshmi, Kuljeet dan Manoj, meninggal dalam kecelakaan, membuat Lakshmi putus asa dan patah hati. Di sisi lain, bibi Lakshmi, Rano ingin merebut properti Manoj. Dia meminta asisten Manoj, Guru Charan untuk membuka brankas untuk mendapatkan uang, namun, dia menolaknya dan mengatakan bahwa keinginan terakhir Manoj adalah agar Lakshmi menikah dan setelah Rano menyelesaikan keinginan terakhirnya, dia dapat mengambil semuanya. Rano kemudian memutuskan untuk berpura-pura menunjukkan kepada Guru bahwa dia akan memberi saudara perempuan kehidupan yang baik dan dia memulai rencananya dengan memutuskan pernikahan Lakshmi dengan Varun, untuk membawanya ke Mumbai dan menikahinya dengan seorang pria.

Segera, Rano, Preetam, Neha, Lakshmi, Shalu dan Bani berangkat ke Mumbai. Dalam perjalanan, para suster dan Lakshmi bertemu dengan seorang wanita yang memberi tahu Lakshmi bahwa takdirnya akan menimpanya di Mumbai dan bahwa ini semua hanyalah permainan baginya untuk memenuhi apa yang telah direncanakan takdir untuknya. Mengabaikannya, mereka semua naik kereta dan pergi. Pada hari pertama mereka di Mumbai, gadis-gadis itu hampir diculik. Lakshmi menyelamatkan dirinya dan saudara perempuannya dengan mencuri mobil. Mereka akhirnya mendarat darurat di sebuah hotel milik Rishi Oberoi, putra seorang industrialis yang tampaknya arogan dan tidak dapat dipercaya, tetapi bagaimanapun, dia juga baik dan tidak mementingkan diri sendiri seperti Lakshmi. Kemudian, Lakshmi dan saudara perempuannya bersembunyi di kantor Rishi sementara Rishi frustrasi karena terlambat datang ke acara model dan orang-orang masuk tanpa izin ke hotel bintang 5 miliknya. Lakshmi membuat Rishi berjanji bahwa dia tidak akan membuat mereka ditangkap tapi Rishi melanggar janji dan membuat mereka ditangkap karena masuk tanpa izin dan mencuri mobil. Rano dan Preetam membebaskan mereka dengan bantuan sopir Rishi yang diam-diam bernafsu pada Neha.

Di peragaan busana, Rishi membantu seorang model agar tidak jatuh, menunjukkan ketidakegoisannya di depan umum. Belakangan, Rishi juga membantu sebuah LSM untuk berfoto dengan model yang dia bantu sebelumnya. Di sisi lain, di rumah, Rano mulai memperlakukan saudara perempuan Bajwa sebagai pembantu dan Bani mulai mengeluh, sementara Lakshmi percaya bahwa itu keluarga dan berbuat baik untuk keluarga tidak membuat satu kecil. Lakshmi melihat Balvinder menatap Neha secara negatif dan menunjukkannya. Kemudian, Balvinder meminta Rano dan Preetam untuk menikahkan Neha. Rano menghinanya karena bercerai dua kali, pemabuk, dan kasar dan dia mencaci maki dia, menolak lamaran itu. Pada saat perpisahan itu, Rano memutuskan bahwa dia dapat menikahkan Lakshmi dengan Balvinder sehingga Guru Charan memberikannya properti seperti yang dijanjikan. Balvinder mengajak Lakshmi berkencan meskipun dia tidak mau. Kemudian dia mencoba menganiaya dia dan Lakshmi melarikan diri setelah mendorongnya. Kemudian Rishi hampir menabraknya dengan mobilnya. Dia melihat bahwa dia menangis dan bertanya apakah ada sesuatu yang salah, Lakshmi akan memberitahunya tentang Balvinder tapi berhenti setelah mengingat bahwa dia melanggar janjinya sebelumnya. Dia berlari pulang tanpa mengatakan apapun. Hari berikutnya, Balwinder meminta maaf kepada Rano dan Lakshmi atas perilaku buruknya. Rano memintanya untuk membeli kalung emas dan hanya dia yang akan meminta Lakshmi untuk menikah dengannya. Balwinder melakukan seperti yang dikatakan Rano dan beberapa hari yang lalu di pernikahan Balwinder dan Lakshmi, Balwinder mabuk dan mengatakan absurd tentang Rishi dan hotelnya. Penerbangan Rishi ke Prancis dibatalkan dan dia bergegas ke hotel. Di mana dia melihat kondisi hotelnya yang buruk dan dia menegur Balwinder dan menyalahkannya atas kondisi hotelnya yang buruk. Hotel terbakar, semua orang keluar. Rishi bergegas ke hotel untuk memastikan tidak ada orang yang terjebak di dalam tetapi secara otomatis dia sendiri terjebak di sebuah ruangan dan karena menghirup asap dia pingsan. Lakshmi datang untuk menyelamatkannya. Hari berikutnya, ayah Rishi datang untuk berterima kasih kepada Lakshmi dan sangat terpengaruh oleh kesederhanaannya dan membawa serta meminta Rano dan suaminya untuk menikahi Lakshmi dengan Rishi tetapi mereka salah paham bahwa dia meminta Neha. Ayah Rishi menyampaikan hal yang sama kepada Rishi dan Neelam (ibu Rishi) yang bingung. Mereka setuju untuk bertemu Lakshmi sekali saja.

Kemudian ketika orang tua Rishi tiba untuk memberikan shagun kepada Lakshmi, kesalahpahaman itu akan hilang dan Virendra (ayah Rishi) meminta Lakshmi untuk memutuskan. Marah, Rano dan Neha mencoba menyesatkan Lakshmi dengan menciptakan citra negatif Rishi. Tetapi setelah dihibur oleh Virendra (melihat ayahnya dalam dirinya), Lakshmi setuju untuk bertemu Rishi berkencan dan kemudian memutuskan. Dengan demikian, Rishi dan Lakshmi bersiap-siap untuk berkencan.Lakshmi kemudian terkesan olehnya. Kemudian, keduanya pergi makan malam dan Lakshmi juga menyadari ketidakegoisannya di sana. Lakshmi memanggil Rano dan Neha untuk memberi tahu mereka bahwa Rishi tidak seperti yang dijelaskan Rano dan Neha. Kembali ke rumah, Balwinder menyerang mobil Rishi tetapi mereka berdua saling menyelamatkan. Rishi mengundang Bajwas ke hari ulang tahunnya. Di pesta, Rishi dan Lakshmi saling jatuh cinta dan Rishi melamar Lakshmi untuk menikah. Dia setuju dengan pernikahan itu. Ayah Rishi mengumumkan pertunangan Rishi dan Lakshmi keesokan harinya. Semua bahagia kecuali Neha, Rano, dan Balwinder. Dalam pertunangan, Balvinder menunjukkan beberapa foto intim palsu tentang dia dan Lakshmi dan mencoba untuk memutuskan pertunangan tetapi Rishi menunjukkan keyakinannya yang besar pada Lakshmi dan membuktikan bahwa dia tidak bersalah dan mengirim Balwinder ke penjara. Mereka berdua bertunangan dan Lakshmi mulai jatuh cinta pada Rishi. Balwinder menunjukkan beberapa foto intim palsu tentang dia dan Lakshmi dan mencoba untuk memutuskan pertunangan tetapi Rishi menunjukkan keyakinannya yang besar pada Lakshmi dan membuktikan bahwa dia tidak bersalah dan mengirim Balwinder ke penjara. Mereka berdua bertunangan dan Lakshmi mulai jatuh cinta pada Rishi. Balvinder menunjukkan beberapa foto intim palsu tentang dia dan Lakshmi dan mencoba untuk memutuskan pertunangan tetapi Rishi menunjukkan keyakinannya yang besar pada Lakshmi dan membuktikan bahwa dia tidak bersalah dan mengirim Balvinder ke penjara. Mereka berdua bertunangan dan Lakshmi mulai jatuh cinta pada Rishi.

Peristiwa pernikahan mulai terjadi ketika Balvinder dan anak buahnya mencoba menculik Lakshmi dan menikahinya. Namun, Abhi dan Pragya menyelamatkannya. Setelah itu Neha mencoba membuat Lakshmi pingsan dan menikahi Rishi. Namun, rencananya digagalkan karena Srishti dan Rakhi. Balwinder mencoba membuat Lakshmi minum air sehingga dia bisa pingsan namun Karan, Sameer dan Preeta menggagalkan rencananya. Akhirnya, Rishi dan Lakshmi menikah. Namun, Rishi menunjukkan warna aslinya dan mengaku bahwa dia tidak mencintai Lakshmi dan dia dipaksa menikah. Nanaji (ayah Neelam) meminta Lakshmi dan Rishi untuk berbulan madu. Demi Nanaji, mereka berdua pergi berbulan madu. Namun, Rishi jatuh ke danau dan ditangkap oleh buaya. Lakshmi menyelamatkannya tapi keduanya terluka. Untuk mengunjungi Rishi, pacar Rishi, Malishka, datang ke sana. Terungkap bahwa Rishi menikah dengan Lakshmi hanya karena Kundali Dosh-nya dan Lakshmi adalah satu-satunya gadis yang selalu bisa menyelamatkannya. Terungkap juga bahwa setelah satu tahun Rishi berencana menceraikan Lakshmi dan menikah dengan Malishka.

Selama Karva Chauth seekor ular menggigit Rishi dan Lakshmi menyelamatkannya dengan menyedot racunnya. Di ambulans, Rishi sadar tapi Lakshmi pingsan saat dia menyedot semua racun dari tubuh Rishi. Di rumah sakit, Rishi merasa bersalah dan terlihat bahwa perlahan Rishi mulai merawat Lakshmi. Setelah itu Ayush dan Virendra bersumpah untuk mendekatkan Rishi dan Lakshmi. Selama Diwali, Rishi dan Lakshmi mendekat. Malishka memasuki pesta bersama Viraj. Kemudian, Lakshmi mengaku cintanya pada Rishi kepadanya tetapi Rishi mencintai Malishka dan Lakshmi mengetahui tentang perselingkuhan mereka. Dia memutuskan semua hubungan dengan Rishi dan keluarganya dan kembali ke rumah pamannya. Sementara itu, bibinya berencana untuk menceraikan mereka sehingga ketika Lakshmi sedang tidur dia mengambil sidik jarinya dengan cerdik dan pergi ke rumah Rishi dan memberi tahu mereka bahwa Lakshmi ingin bercerai. Rishi salah memahami Lakshmi tetapi segera merindukannya dan mencintainya tetapi tidak menyadari perasaannya terhadap Malishka yang membuat marah. Malishka dan Rishi tanpa sadar pergi ke toko perhiasan yang sama untuk membeli perhiasan pernikahan Malishka tempat Lakshmi juga bekerja. Malishka mempermalukan Lakshmi dan menuduhnya mencuri kalungnya tetapi Rishi datang tepat waktu dan menyelamatkan Lakshmi. Setelah serangkaian peristiwa ketika Lakshmi dan Rishi mengajukan gugatan cerai karena tekanan dari keluarga masing-masing; hakim memerintahkan Lakshmi untuk tinggal bersama Rishi selama tiga bulan. Mau tidak mau Neelam membawa Lakshmi kembali ke Oberoi Mansion. Malishka mencoba menodai citra Lakshmi dengan memberi tahu wartawan bahwa Lakshmi ingin menikahi Rishi karena keserakahan kekayaan. Tetapi ketika surat kabar itu datang, terungkap kepada Malishka bahwa Shalu memberi tahu para wartawan tentang Malishka sebagai " calon mertua dengan makanan India-nya. Lakshmi menemukan Ahana di rumah sakit dan terkejut mengetahui bahwa Ahana sedang mengandung bayi dari mantan pacarnya. Untuk menyelamatkan lamaran Ahana, Lakshmi mencetak namanya di laporan kehamilan Ahana. Keluarga Oberois terkejut mendengar berita kehamilan Lakshmi dan menuduhnya menipu Rishi. Untuk mempersulit Lakshmi, Malishka memanggil Balvinder ke Oberoi Mansion untuk merusak karakternya. Balwinder berbohong kepada keluarga Oberoi bahwa Lakshmi sedang mengandung anaknya dan mencoba membawanya bersamanya tetapi Rishi menamparnya. Selanjutnya, ketika Rishi akan menceraikan Lakshmi, Ahana masuk dan memberi tahu Rishi kebenaran tentang kehamilannya yang membuktikan bahwa Lakshmi tidak bersalah. Rishi tergerak oleh pengakuan Ahana menyadari hati emas Lakshmi dan mulai menghormatinya dan membelanya dalam berbagaisituasi dan perlahan-lahan jatuh cinta padanya. Sementara itu Malishka cemburu, mencoba memutuskan ikatan mereka dengan taktik jahatnya.

Kemudian, Rishi menyadari cintanya pada Lakshmi dan mengakui perasaannya tetapi Lakshmi menolaknya sehingga dia bisa menikahi Malishka demi kebahagiaan Neelam. Rishi membawa kembali Lakshmi ke rumahnya dan memutuskan untuk menikahkannya dengan pengantin pria yang cocok.

Keluarga Oberois memperbaiki aliansi Lakshmi dengan pengusaha kaya, Vikrant Kakkar. Segera, Rishi mengetahui bahwa Vikrant telah menikah dengan seorang wanita, Saloni, yang berpura-pura menjadi saudara iparnya. Dia mengungkap Vikrant, memutuskan aliansinya sendiri dengan Malishka dan pindah dari rumah bersama Lakshmi ketika Neelam menolak menerima Lakshmi sebagai menantu perempuannya. Rishi dan Lakshmi menikah di kuil, yang semakin membuat Neelam marah.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Aishwarya Khare sebagai Lakshmi Bajwa: putri sulung Kuljeet dan Manoj; Shalu dan saudara perempuan Bani; sepupu Neha; istri Rishi (2021–sekarang)
  • Rohit Suchanti sebagai Rishi Oberoi: putra Neelam dan Virendra; saudara laki-laki Sonia; sepupu Ahana, Ayush dan Devika; suami Lakshmi (2021–sekarang)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Mohit Malhotra sebagai Vikrant Kakkar: putra Anjana dan Puneet; tunangan Lakshmi; Pacar Saloni (2023–sekarang)
  • Munira Kudrati sebagai Shalini "Shalu" Bajwa: putri kedua Kuljeet dan Manoj; saudara perempuan Lakshmi dan Bani; sepupu Neha; Minat cinta Ayush (2021–sekarang)
  • Aman Gandhi sebagai Ayushmaan "Ayush" Chopra: putra Karishma dan Manpreet; saudara laki-laki Ahana; sepupu Rishi, Sonia dan Devika; Bunga cinta Shalu (2021–sekarang)
  • Maera Mishra sebagai Malishka Bedi: putri Abhay dan Kiran; sahabat Sonal; Mantan sahabat Viraj berubah menjadi mantan tunangan; Mantan pacar Rishi dan kekasih sepihak yang obsesif (2021–sekarang)
  • Manasi Bhanushali sebagai Bani Bajwa: Putri Bungsu Kuljeet dan Manoj; saudara perempuan Lakshmi dan Shalu; Sepupu Neha (2021–Sekarang)
  • Smita Bansal sebagai Neelam Oberoi: istri Virendra; ibu Rishi dan Sonia; Bibi Ayush, Ahana dan Devika (2021–sekarang)
  • Uday Tikekar sebagai Virendra "Veer" Oberoi: Putra bungsu Harleen dan Vishwas; saudara laki-laki Karishma dan Mahendra; suami Neelam; ayah Rishi dan Sonia; paman Ayush, Ahana dan Devika; Figur ayah Lakshmi (2021–sekarang)
  • Neena Cheema sebagai Harleen Oberoi: Janda Vishwas; ibu Karishma, Virendra dan Mahendra; Nenek Rishi, Sonia, Ahana, Ayush dan Devika (2021–sekarang)
  • Shivani Jha sebagai Sonia Oberoi: putri Neelam dan Virendra; saudara perempuan Rishi; Sepupu Ahana, Ayush dan Devika (2021–sekarang)
  • Parul Chaudhary sebagai Karishma Oberoi: putri Harleen dan Vishwas; saudara perempuan Virendra dan Mahendra; mantan istri Manpreet; ibu Ahana dan Ayush; Rishi, bibi Sonia dan Devika (2021–sekarang)
  • Hemant Thatte sebagai Manpreet Chopra: mantan suami Karishma; Ayah Ahana dan Ayush (2021)
  • Aditi Shetty sebagai Ahana Chopra: putri Karishma dan Manpreet; saudara perempuan Ayush; sepupu Rishi, Sonia dan Devika (2021–sekarang)
  • Bebika Dhurve sebagai Devika Oberoi: putri Mahendra; Sepupu Rishi, Sonia, Ayush dan Ahana (2021–sekarang)
  • Massheuddin Qureshi sebagai Preetam Bajwa: saudara laki-laki Manoj; Suami Runo; ayah Neha; Paman Lakshmi, Shalu dan Bani (2021–2022)
  • Neha Prajapati sebagai Rano Bajwa: istri Preetam; ibu Neha; bibi Lakshmi, Shalu dan Bani (2021–sekarang)
  • Avantika Chaudhary / Tasneem Khan / Urmimala Sinha Roy sebagai Neha Bajwa: putri Rano dan Preetam; Sepupu Lakshmi, Shalu dan Bani; Mantan kekasih sepihak Rishi dan Ayush (2021–2022) / (2022) / (2022–sekarang)
  • Karan Sharma sebagai Abhay Bedi: suami Kiran; Ayah Malishka (2021–sekarang)
  • Karuna Verma sebagai Kiran Bedi: istri Abhay; ibu Malishka; Teman Neelam (2021–sekarang)
  • Kavita Banerjee sebagai Sonal: Sahabat Malishka (2022–sekarang)
  • Ankit Bhatia sebagai Balwinder "Ballu" Sood: Mantan tunangan Lakshmi dan kekasih sepihak yang obsesif; mantan supir Rishi; Suami Kamli (2021–sekarang)
  • Melanie Pais sebagai Inspektur Durga (2022)
  • Akash Choudhary sebagai Viraj Singhania: Mantan sahabat dan mantan tunangan Malishka (2021)
  • Kaushal Kapoor sebagai Darshan: majikan Lakshmi (2022)
  • Mridula Oberoi sebagai Kalyani: bos Lakshmi (2022)
  • Virendra Saxena sebagai Manoj Bajwa: saudara laki-laki Preetam; Suami Kuljeet; ayah Lakshmi, Shalu & Bani; Paman Neha (2021) (Meninggal)
  • Firdaush sebagai Arnav: petinju dan perenang berbakat (2022)
  • Neelu Dogra Pras Kuljeet Bajwa: istri Manoj; ibu Lakshmi, Shalu dan Bani; Bibi Neha (2021) (Meninggal)
  • Syed Ashraf Karim sebagai Gurucharan Anand: Teman dan akuntan Manoj (2021)
  • Jyoti Mukherjee sebagai Anjana Kakkar: istri Puneet; ibu Vikrant (2023–sekarang)
  • Shraddha Jaiswal sebagai Saloni Kakkar: Pacar Vikrant (2023–sekarang)
  • Sandeep Kapoor sebagai Puneet Kakkar: suami Anjana; Ayah Vikrant (2023–sekarang)

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Khare dan Suchanti diselesaikan untuk mengulangi peran mereka sebagai pemeran utama pada Mei 2021 itu sendiri, tetapi karena penguncian di Maharashtra, mereka menandatangani kontrak hanya pada bulan Juni.[4]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Syuting dan produksi dimulai pada 14 Juni 2021 di Film City, Mumbai.[5]

Promo[sunting | sunting sumber]

Teaser promosi pertama dirilis pada 16 Juni 2021, menampilkan Kundali Bhagya, Shraddha Arya bermain Preeta memperkenalkan pemeran utama wanita dari seri ini, Aishwarya Khare memainkan peran, Lakshmi.[6]

Setelah itu, pada 18 Juni 2021, teaser lain dirilis menampilkan Kumkum Bhagya, Sriti Jha bermain Pragya memperkenalkan Aishwarya Khare sebagai teman dekatnya, Lakshmi.[7]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Ekta Kapoor produser acara tersebut menyatakan, “Lakshmi adalah salah satu jiwa paling murni yang telah kami kerjakan sebagai karakter dalam waktu yang lama. Dia mewakili kebaikan yang melekat - neki, sebuah nilai yang mungkin berkurang dalam kosa kata orang selama bertahun-tahun, tetapi seharusnya tidak. Sebagai umat manusia, kita telah melalui banyak hal akhir-akhir ini dan beberapa masa terberat memiliki cara untuk menghasilkan contoh kebaikan dan kebajikan yang bersinar. Kita semua pernah membaca cerita tentang orang-orang yang berjalan kaki selama pandemi dan membantu orang lain yang membutuhkan. Lakshmi banyak seperti itu. Dan ketika Anda melihat seseorang seperti itu, Anda jatuh cinta pada mereka dan ingin melihat kehidupan memberi mereka bhagya (takdir) yang baik. Aishwarya Khare dengan ketulusan dan kehangatannya yang menawan sangat cocok untuk Lakshmi sedangkan Rohit Suchanti akan memenangkan hati seperti biasa dengan perannya sebagai Rishi yang flamboyan, praktis, dan gagah.”[8]

Penayangan Internasional[sunting | sunting sumber]

Indonesia Di Indonesia ditayangkan dengan judul yang sama Bhagya Lakshmi di saluran antv pada tahun 2023. Hanya mampu menyelesaikan kurang lebih 732 episode versi india karena stok episode yang hampir habis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "People like Lakshmi are Saving the World, One Kind Act at a Time". TheQuint (dalam bahasa Inggris). 2021-07-30. Diakses tanggal 2021-08-02. 
  2. ^ "Zee TV to launch Ekta Kapoor Series 'Bhagya Lakshmi' soon". Biz Asia. 17 June 2021. 
  3. ^ "Aishwarya Khare and Rohit Suchanti to be a part of Zee TV's Bhagyalaxmi". ABP Live. 7 June 2021. 
  4. ^ "Sudden Lockdown in Maharashtra shakes up the TV Industry as shoots come to a sudden halt". India Today. 
  5. ^ "New Show launches on hold for Zee and other broadcasters as COVID-19 disrupts shoots". Money Control. 
  6. ^ "Preeta Introduces Lakshmi in Zee TV's Bhagya Lakshmi". YouTube. 
  7. ^ "Pragya introduces Lakshmi in Zee TV's Bhagya Lakshmi". YouTube. 
  8. ^ Zee TV launches Balaji Telefilms new series 'Bhagya Lakshmi'

Pranala luar[sunting | sunting sumber]