Bendera Groningen (provinsi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bendera Groningen

Bendera Groningen digunakan pada tahun 1950, dan didasarkan pada lambang Kota Groningen dan Ommelanden.

Bendera Ommelanden
Bendera kota Groningen

Warna merah, putih dan biru berasal dari lambang Ommelanden, putih dan hijau dari lambang kota. Warna kota adalah bagian tengah bendera yang berarti lokasi kota di tengah provinsi.

Desain[sunting | sunting sumber]

Rasio bendera 2:3, sama seperti bendera Belanda. Salib putih mempunyai lebar 1/3 dari tinggi bendera dan salib hijau 1/9 tinggi bendera. Warna didefinisikan sebagai warna Pantone 032U (merah), 300U (biru) dan 355U (hijau)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun 1913 Van der Laars membuat proposal untuk menggunakan bendera bagi provinsi Groningen. Proposalnya adalah bendera yang didasarkan pada bendera Ommelanden. Garis biru di tengah diganti dengan hijau bendera dari Kota Groningen. Ia juga membuat dua proposal lain dimana ia menggunakan warna lambang provinsi Groningen.

Proposal 1
Proposal 2
Proposal 3

Desain bendera saat ini dirancang oleh Jan Tuin, yang kemudian menjadi anggota Gedeputeerde Staten provinsi Groningen dan kemudian walikota Kota Groningen. Mereka tidak setuju bahwa bendera ini menjadi bendera provinsi. Jan Tuin berencana untuk mendesain bendera lain, desain ini disetujui. Tanggal 17 Februari 1950 diputuskan bahwa desain ini menjadi bendera provensi Groningen. Enam hari kemudian peraturan ini menjadi hukum.