Belanda Karibia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kepulauan BES)
Langsung ke: navigasi, cari

Bonaire, Sint Eustatius, dan Saba merupakan tiga pulau di Kepulauan Karibia yang berstatus badan publik (bahasa Belanda: openbare lichamen), secara informal disebut "munisipalitas khusus" (bahasa Belanda: bijzondere gemeenten), dari Belanda. Pulau-pulau ini secara kolektif disebut berdasarkan akronimnya, kepulauan BES (bahasa Belanda: BES-eilanden) dan mendapatkan statusnya saat ini setelah pembubaran Antillen Belanda pada 10 Oktober 2010.

Bonaire (termasuk Pulau Klein Bonaire) terletak di sebelah selatan Aruba dan Curaçao, dekat pesisir Venezuela. Sint Eustatius dan Saba terletak di sebelah selatan Sint Maarten dan di sebelah barat laut Saint Kitts dan Nevis. Ketiga pulau ini memiliki 18.000 penghuni secara keseluruhan dan wilayah seluas 328 kilometer persegi. Zona waktunya adalah UTC-4, kode telepon tetap 599, sama dengan bekas Antillen Belanda, dan dipergunakan bersama-sama dengan Curaçao dan Sint Maarten.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Sebagai badan publik, pulau-pulau ini bukan bagian dari salah satu provinsi Belanda;[1] namun, layanan tingkat provinsi dibagi antara ketiga badan publik dan pemerinah pusat (yang dilakukan oleh Kantor Nasional Belanda Karibia).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "31.954, Wet openbare lichamen Bonaire, Sint Eustatius en Saba" (dalam bahasa Dutch). Eerste kamer der Staten-Generaal. Diakses 15-10-2010. "De openbare lichamen vallen rechtstreeks onder het Rijk omdat zij geen deel uitmaken van een provincie. (The public bodies (...), because they are not part of a Province)." 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]