Bencana Nedelin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kecelakaan Nedelin atau bencana Nedelin adalah kecelakaan pada landasan peluncuran rudal balistik yang terjadi pada 24 Oktober 1960 di Kosmodrom Baikonur, juga disebut Tyuratam, adalah ruang pertama dan terbesar di dunia memulai operasional fasilitas. Hal ini terletak di gurun stepa Kazakhstan, tentang timur Laut Aral, utara sungai Syr Darya, dekat stasiun kereta api Tyuratam, pada 90 meter di atas permukaan laut.

Selama pengembangan konstitusi negara USSR atau Uni Soviet Sosialis Republik adalah negara sosialis yang ada di Eurasia 1922-1991. Nama adalah terjemahan dari, tr. Soyuz Sovetskikh Sotsialisticheskikh Respublik, disingkat СССР, SSSR. Nama pendek umum adalah Uni Soviet, dari, Sovetskiy Soyuz ...

R-16 ICBM Intercontinental rudal balistik antar benua Sebuah rudal balistik, atau ICBM, adalah rudal balistik jarak jauh umumnya dirancang untuk pengiriman senjata nuklir, yaitu, memberikan satu atau lebih hulu ledak nuklir .

Sebagai prototipe rudal itu sedang disiapkan untuk uji terbang, itu meledak di landasan peluncuran pada saat motor dinyalakan tahap kedua prematur, menewaskan banyak personel militer, insinyur, dan teknisi bekerja pada proyek ini. Jumlah korban tewas resmi adalah 90, tapi perkiraan setinggi 150, dengan 120 sebagai angka yang berlaku umum. Meskipun besarnya bencana, berita itu ditutup-tutupi selama bertahun-tahun oleh pemerintah Soviet dan tidak muncul sampai tahun 1990-an. Divisi Roket Strategis Marsekal Mitrofan Nedelin, komandan program pembangunan R-16, berada di antara mereka yang tewas dalam ledakan dan kebakaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°58′32″LU 63°39′35″BT / 45,97542°LU 63,65982°BT / 45.97542; 63.65982

Templat:Bencana Nedelin