Belo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seekor belo yang telah tersapih

Belo adalah seekor ekuin yang berumur sampai satu tahun; istilah ini digunakan terutama untuk kuda, namun dapat juga digunakan untuk keledai .

Kuda yang dewasa dengan perawakan kecil disebut kuda poni dan kadang-kadang disalahartikan sebagai Belo. Namun proporsi tubuhnya sangat berbeda. Kuda poni dewasa dapat ditunggangi dan dijadikan pekerja, tetapi belo berapa pun tinggi badannya, masih terlalu muda untuk ditunggangi atau digunakan sebagai hewan pekerja . Belo, apakah mereka tumbuh sebesar kuda atau kuda poni, dapat dibedakan dari kuda dewasa dari kakinya yang sangat panjang dan tubuhnya yang kecil dan ramping. Kepala dan mata mereka juga menunjukkan ciri-ciri remaja . Meskipun kuda poni menunjukkan beberapa neoteni dengan dahi lebar dan perawakan kecil, proporsi tubuh mereka mirip dengan kuda dewasa. Belo kuda poni secara proporsional lebih kecil daripada belo dewasa, tetapi seperti belo kuda biasa, mereka lebih ramping dan memiliki kaki yang lebih panjang secara proporsional.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Lyons, John dan Jennifer J. Denison. Membesarkan Bayi. Publikasi Penggemar Primedia, 2002.ISBN 1-929164-12-2ISBN 1-929164-12-2 . Menjelaskan metode melatih kuda muda sejak lahir hingga cukup umur untuk ditunggangi.
  • Miller, Robert M. Pelatihan Jejak Anak Kuda yang Baru Lahir. Buku Penunggang Kuda Barat, 2003.ISBN 1-58574-666-5ISBN 1-58574-666-5 . Menjelaskan pelatihan jejak anak kuda di hari-hari pertama kehidupannya.