Beifudi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lokasi dari Provinsi Hebei

Beifudi (Hanzi: 北福地) merupakan sebuah situs arkeologi dan desa Neolitikum di County Yi, Hebei, Tiongkok. Situs, seluas 3 ha di tepi utara Sungai Yishui, berisi artefak budaya kontemporer dengan budaya Cishan dan Xinglongwa sekitar 7000–8000 BP, dua kebudayaan Neolitikum terkenal di timur Pegunungan Taihang, dan dengan demikian mengisi kesenjangan arkeologi antara dua kebudayaan Tiongkok Utara. Total area yang digali lebih dari 1.200 meter persegi dan pengumpulan temuan neolitikum di situs ini telah dilakukan dalam dua fase.[1]

Situs arkeologi ini terpilih Nomor Satu dalam Sepuluh Besar temuan arkeologi paling menonjol pada tahun 2004 oleh arkeolog Tiongkok dalam jajak pendapat tahunan mereka.[2]

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Penemuan paling signifikan dalam fase pertama penggalian situs adalah banyaknya topeng tembikar dalam bentuk wajah manusia dan hewan, ukiran tertua yang masih ada hingga saat ini. Selusin topeng tanah liat berukir, dalam kucing, monyet dan babi serta rupa manusia, telah digali di Beifudi. Satu topeng wajah manusia memiliki mulut dan hidung dengan relief berukir dan mata tertusuk. Artefak tanah liat berukir pertama yang pernah ditemukan di reruntuhan zaman ini, topengnya menambahkan beberapa milenia ke sejarah ukiran Tiongkok.

Artefak ini, bersama dengan platform yang dibesarkan, atau altar, dapat memberikan informasi tentang berbagai praktik keagamaan awal.[3][4] Meskipun keyakinan orang-orang Neolitikum ini tidak diketahui, orang-orang Tionghoa awal hampir pasti melakukan upacara ritual pengorbanan dan membakar penguburan (fanyi) pada platform yang dibangkitkan, karena kedua penguburan manusia dan hewan telah ditemukan. Topeng diyakini menjadi bagian dari pertunjukan ritual yang menyertai pengorbanan dan penguburan.[5]

Penggalian pada fase kedua, dating ke 6500-7000 BP[6] termasuk alat tembikar dan batu, pot keramik (termasuk bejana fu berbasis bundar, kursi kapal, dan mangkuk bo) dan pot mulut-kecil-bergagang ganda. Para arkeolog telah menemukan reruntuhan sepuluh tempat perlindungan gua semi-bawah tanah yang terkonsentrasi di satu lokasi, diatur secara sistematis dengan area memasak dan tempat tinggal yang terletak di tengah-tengah rumah. Artefak yang digali dari tempat tinggal termasuk balok batu, bahan bangunan, dan tembikar pecah. Lubang abu, dan situs kurban telah digali serta potongan-potongan giok dan topeng keramik berukir yang terawat dengan sangat baik.[7]

Kesimpulan[sunting | sunting sumber]

Menggambar pada arkeologi, geologi dan antropologi, cendekiawan modern tidak melihat asal-usul peradaban Tiongkok atau sejarah Tiongkok sebagai satu cerita melainkan sejarah interaksi banyak budaya yang berbeda dan banyak kelompok etnis yang berbeda yang mempengaruhi perkembangan masing-masing. Sebagai situs Beifudi prasejarah berada di Cina utara di mana iklim lebih kering daripada di selatan, kemungkinan bahwa budaya ini dibudidayakan milet meskipun tidak ada bukti langsung budidaya telah ditemukan. Temuan alat-alat batu untuk pengolahan makanan tidak dapat diandalkan membuktikan bahwa budaya telah mengembangkan pertanian sebagai alat-alat seperti itu digunakan sebelum budidaya tanaman.[8]

Pentingnya situs Beifudi prasejarah terletak pada potensinya untuk menyediakan informasi arkeologi tentang kepercayaan dan praktik upacara budaya kuno ini melalui artifak berukir kuno yang ditemukan di sana, serta pemahaman lebih lanjut tentang awal arsitektur Tiongkok.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "New Archaeological Discoveries and Researches in 2004 -- The Fourth Archaeology Forum of CASS". Institute of Archaeology - Chinese Academy of Social Sciences. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-12. Diakses tanggal 2007-09-18. 
  2. ^ "Top Ten Archaeological Discoveries of 2004". chinatoday.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-30. Diakses tanggal 2007-09-18. 
  3. ^ "Prehistoric Site at Beifudi, Yixian County, Hebei Province". china.org.cn. Diakses tanggal 2007-09-18. 
  4. ^ "Beifudi prehistoric site, Yixian county, Hebei province Date: neolithic". chinaheritagenewsletter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 August 2007. Diakses tanggal 2007-09-18. 
  5. ^ Xujie, Lui (2002). Chinese Architecture -- The Origins of Chinese Architecture (edisi ke-English). Yale University Press. hlm. 16–18. ISBN 0-300-09559-7. 
  6. ^ "New Archaeological Discoveries and Researches in 2004 -- The Forth Archaeology Forum of CASS". Institute of Archaeology of the Chinese Academy of Science. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-12. Diakses tanggal 2013-03-06. 
  7. ^ "Ruins of prehistoric village discovered in N. China". People's Daily Online. Diakses tanggal 2007-09-18. 
  8. ^ Ebrey, Patricia (2006). The Cambridge Illustrated History of China. Cambridge University Press. hlm. 12–18. ISBN 0-521-43519-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]