Beatrycze dari Świdnica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Beatrycze dari Świdnica
Ratu Jerman
Memerintah sebagai pasangan 1345–1356
Pasangan Ludwig IV, Kaisar Romawi Suci
Anak
Mathilde dari Meißen
Ludwig V dari Brandenburg
Stephan II
Wangsa Wangsa Wittelsbach (oleh pernikahan)
Dinasti Piast (oleh kelahiran)
Ayah Bolko I Surowy
Ibu Beatrix dari Brandenburg
Lahir 1290
Meninggal 1322 (usia 31-32)

Beatrycze dari Świdnica (bahasa Jerman: Beatrix von Schweidnitz ; lahir 1290 - wafat München, 25 Agustus 1322), merupakan seorang putri Polandia yang berasal dari Dinasti Piast cabang Silesia dari Jawor-Świdnica dan pernikahan dengan adipati Bayern dan Ratu Jerman.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putri kedua dari Bolko I Surowy, adipati Jawor-Świdnica, dan istrinya Beatrix, putri dari Otto V dari Brandenburg-Salzwedel, Markgraf Brandenburg-Salzwedel.[1][2][3][4]

Beatrycze adalah putri ketiga dari sepuluh orang anak. Saudara-saudaranya termasuk: Bernard, Henryk, Bolko II Ziębicki dan Judyta świdnicka istri Stephan I

Tujuh tahun setelah ayahanda Beatrycze meninggal dan kelahiran adiknya yang lahir mati Anna, ibundanya Beatrix menikah lagi dengan Władysław bytomski. Dari pernikahan ini, Beatrycze dan saudaranya mendapatkan dua saudara tiri: Kazimierz dan Eufemia, istri Konrad I oleśnicki.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian ayahandanya yang dini pada tahun 1301, Beatrycze dan saudaranya ditempatkan di bawah asuhan pamannya dari pihak ibunya Hermann dari Brandenburg-Salzwedel sampai tahun 1305, ketika putra sulung Bolko I, Bernard, mengambil pemerintahan dari daerah kekuasaannya dan perwalian atas saudaranya yang masih muda, termasuk Beatrycze.

Kakaknyalah Bernard yang ingin menjaga kerjasama dengan Bayern, merencanakan pernikahan Beatrycze dengan Louis IV, Adipati Oberbayern. Pernikahan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 1308. Selama pernikahannya, Beatrycze melahirkan enam orang anak, namun hanya tiga orang saja yang tetap hidup sampai dewasa: Mathilde - menikah dengan Markgrafin dari Meißen, Ludwig V dari Brandenburg - kemudian adipati Oberbayern, markgraf Brandenburg, dan adipati Tirol, dan Stephan II - kemudian adipati Niederbayern.

Adipati Ludwig IV terpilih sebagai Raja Jerman pada tanggal 20 Oktober 1314. Akan tetapi, pihak lainnya telah memilih Friedrich I dari Austria sebagai Raja pada tanggal 19 Oktober. Kedua Raja yang bersaing akan melanjutkan perselisihan mereka sepanjang hidupnya. Ia adalah satu dari dua saingan Ratu Jerman, dengan Isabel, Ratu Jerman, istri Friedrich I.

Beatrycze meninggal jauh sebelum suaminya naik tahta sebagai Kaisar Romawi (pada tahun 1328). Dua tahun setelah kematiannya, Ludwig IV menikah lagi dengan Marguerite II dari Hainaut.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Ludwig dan Beatrycze memiliki enam orang anak; tiga diantaranya hidup sampai dewasa:

  1. Mathilde (stl. 21 Juni 1313 – 2 Juli 1346, Meißen), menikah di Nürnberg pada tanggal 1 Juli 1329 dengan Friedrich II dari Meißen.
  2. anak (September 1314 – d. 1314?).
  3. Ludwig dari Brandenburg (1315 – 1361), adipati Oberbayern, markgraf Brandenburg, adipati Tirol.
  4. Anna (c. 1316 – 29 Januari 1319, Kastl)
  5. Agnes (c. 1318 – d. 1318?).
  6. Stephan II (1319 – 1375), adipati Niederbayern

Catatan dan rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Silesia
  2. ^ Rootsweb's WorldConnect Project
  3. ^ Daftar keturunan Konrad I, Adipati Głogów
  4. ^ Beberapa sumber menuliskan bahwa ia adalah putri dari Henryk III dari Glogów (termasuk artikel Wikipedia Jerman dengan referensi selanjutnya).