Bayam dempo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bayam dempo
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Alternanthera philoxeroides

Alternanthera philoxeroides atau bayam dempo[2] adalah spesies tumbuhan asli daerah beriklim sedang di Amerika Selatan yang meliputi Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay.[3] Jangkauan geografisnya dulunya hanya mencakup wilayah Sungai Paraná di Amerika Selatan, namun kini telah berkembang dan telah diperkenalkan ke lebih dari 30 negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Cina, Australia, Selandia Baru, dan masih banyak lagi.[4] Spesies invasif ini diyakini secara tidak sengaja masuk ke wilayah non-pribumi ini melalui sedimen yang terperangkap, atau menempel pada tangki dan muatan kapal yang melakukan perjalanan dari Amerika Selatan ke berbagai wilayah tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ International Organization for Plant Information (IOPI). "Plant Name Search Results" (HTML). International Plant Names Index. Diakses tanggal 2019-01-21. 
  2. ^ "BAYAM DEMPO (Alternanthera philoxeroides)". plantamor.com. Diakses tanggal 06 Maret 2024.  line feed character di |title= pada posisi 12 (bantuan);
  3. ^ A.J. Sosa1; E. Greizerstein; M.V. Cardo; M.C. Telesnicki; M.H. Julien. "The evolutionary history of an invasive species: alligator weed, Alternanthera philoxeroides" (PDF). Bugwoodcloud.org. Diakses tanggal 2022-03-30. 
  4. ^ "Alligator weed (Alternanthera philoxeroides)". weeds.dpi.nsw.gov.au (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 06 Maret 2024.