Batu Motecuhzoma I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Batu Motecuhzoma I adalah monolit batu yang dapat ditilik kembali ke zaman Motecuhzoma I (1440-1469), tlatoani kelima Tenochtitlan. Monolit ini memiliki diameter 12 kaki dan ketinggian 39 inchi.

Motecuhzoma I atau Motecuhzoma Ilhuicamina adalah cucu dari tlatoani Tenochtitlan yang pertama. Ia dikenal sebagai penguasa yang memperluas wilayah Kekaisaran Aztek. Ia menaklukkan wilayah-wilayah yang berada di luar Lembah Meksiko dan membawa kembali banyak sekali upeti.[1] Penaklukan-penaklukan ini digambarkan di ukiran-ukiran monolit ini.

Batu ini kemungkinan adalah sebuah temalacatl, yaitu batu yang digunakan sebagai landasan pertarungan gladiator. Para tawanan diikatkan ke batu ini dan kemudian dipaksa untuk bertarung.

Batu Motecuhzoma I ditemukan pada Juli 1988 di bawah Palacio del Arzobispado di Jalan Moneda, Kota Meksiko.[2] Maka dari itu, batu ini kadang-kadang disebut "Batu Uskup Agung".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Motecuhzoma I (c. 1397–1468) | Encyclopedia.com". www.encyclopedia.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-10. 
  2. ^ Matos Moctezuma, Eduardo; Solís, Felipe (2004). The Aztec Calendar and Other Solar Monuments. Grupo Abache. hlm. 34.