Batnah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Salju di Batnah.

Batna (bahasa Arab: باتنة) adalah kota utama Provinsi Batna, Aljazair. Dengan jumlah penduduk sebesar 285.800 (2004 estimasi) itu adalah kota terbesar kelima di Aljazair. Hal ini juga salah satu kota utama dari daerah Chaoui dan dianggap sebagai ibukota Aures. Kota Batna berjarak 433 km dari Aljir. Batna mempunyai satu Universitas yaitu Universitas Batna (Bahasa Arab: جامعة باتنة; Bahasa Perancis: Université de Batna)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fondasi padat pertama (perkemahan militer) kota itu didirikan oleh seorang garnisun Perancis tahun 1844, dengan misi strategis untuk membuat jalur akses permanen dijaga untuk jalan Sahara utama.

Lokasi geografis Batna menawarkan istirahat alam melalui Pegunungan Atlas. Kota-kota kuno Timgad dan Lambese, dibangun sekitar abad pertama Masehi, hidup contoh pentingnya bahwa Roma memberikan untuk mengontrol komersial atas wilayah tersebut.

Penduduk kota revloted melawan penguasa Prancis pada awal kolonisasi. Setelah itu mereka akan mengadakan revolusi Aljazair melawan kolonialisme Prancis.

Yang pertama Batneens mematuhi Messali Hadj (PPP), juga dengan Ulama Ben Badis dan Gerakan untuk kemenangan kebebasan demokratis (MTLD), maka mereka akan mengatur pertemuan bersejarah besar dari 22, 25 Juni 1954.

Sebelum perang saudara[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 6 September 2007, Batna melihat bom bunuh diri Al-Qaeda besar. Pengeboman, yang terjadi tak lama sebelum kunjungan Presiden Abdelaziz Bouteflika, menghasilkan sekitar 15-20 [2] [3] [4] kematian dan 107 [5] luka-luka sebagai pembom meledakkan perangkat di antara kerumunan orang menunggu untuk melihat Presiden, [3] yang berada di akhir tur tiga hari dari Aljazair timur [6]. Pemboman dikutuk oleh Dewan Keamanan PBB.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Terletak di (bagian dari Pegunungan Atlas) Pegunungan Aures, pada 1.048 m (3.438 kaki) di atas permukaan laut, Batna memiliki iklim semi-kering dengan pengaruh Mediterania dan curah hujan tahunan rata-rata 326,2 mm (12,8 in). Musim panas yang cukup panas dan kering dan musim dingin yang dingin dan basah, dengan kemungkinan hujan salju. Iklim Hal ini dijelaskan oleh klasifikasi iklim Köppen sebagai BSK.

Kota ini memiliki temperatur tercatat terendah di Aljazair, dari -20 ° C (-4 ° F), pada tanggal 4 Januari 1945.

Referensi[sunting | sunting sumber]