Baterai kendaraan listrik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anatomi komponen Nissan Leaf menunjukkan bagian dari baterai pada tahun 2009

Baterai kendaraan listrik (EVB, juga dikenal sebagai baterai traksi) adalah baterai yang digunakan untuk memberi daya pada motor listrik kendaraan listrik baterai (BEV) atau kendaraan listrik hibrida (HEV). Baterai ini biasanya baterai isi ulang (sekunder), dan biasanya baterai lithium-ion. Baterai ini dirancang khusus untuk kapasitas ampere-jam (atau kilowatt-jam) yang tinggi.

Baterai kendaraan listrik berbeda dari baterai starter, penerangan, dan pengapian (SLI) karena baterai tersebut dirancang untuk memberikan daya selama periode waktu yang berkelanjutan dan merupakan baterai siklus dalam. Baterai untuk kendaraan listrik dicirikan oleh rasio daya terhadap berat yang relatif tinggi, energi spesifik, dan kepadatan energi; lebih kecil, baterai lebih ringan diinginkan karena mereka mengurangi berat kendaraan dan karena itu meningkatkan kinerjanya. Dibandingkan dengan bahan bakar cair, sebagian besar teknologi baterai saat ini memiliki energi spesifik yang jauh lebih rendah, dan ini sering kali berdampak pada jangkauan listrik maksimum kendaraan.

Jenis baterai yang paling umum di kendaraan listrik modern adalah lithium-ion dan polimer lithium, karena kepadatan energinya yang tinggi dibandingkan dengan beratnya. Jenis baterai isi ulang lainnya yang digunakan dalam kendaraan listrik termasuk timbal-asam ("flooded", deep-cycle, dan asam timbal yang diatur katup), nikel-kadmium, nikel-logam hidrida, dan, yang lebih jarang, seng-udara, dan natrium nikel baterai klorida ("zebra").[1] Jumlah listrik (yaitu muatan listrik) yang disimpan dalam baterai diukur dalam ampere jam atau dalam coulomb, dengan energi total sering diukur dalam kilowatt-jam.

Sejak akhir 1990-an, kemajuan teknologi baterai lithium-ion telah didorong oleh permintaan dari elektronik portabel, komputer laptop, ponsel, dan perkakas listrik. Pasar BEV dan HEV telah menuai manfaat dari kemajuan ini baik dalam kinerja maupun kepadatan energi. Tidak seperti kimia baterai sebelumnya, terutama nikel-kadmium, baterai lithium-ion dapat dikosongkan dan diisi ulang setiap hari dan dalam kondisi pengisian daya apa pun.

Paket baterai menghasilkan biaya BEV atau HEV yang signifikan. Hingga 1 Desember 2019 , biaya baterai kendaraan listrik turun 87% sejak 2010 per kilowatt-jam.[2] Mulai tahun 2018, kendaraan dengan jangkauan listrik lebih dari 250 mil (400 km), seperti Tesla Model S, telah dikomersialkan dan sekarang tersedia di berbagai segmen kendaraan.[3]

Dalam hal biaya operasi, harga listrik untuk menjalankan BEV adalah sebagian kecil dari biaya bahan bakar untuk mesin pembakaran internal yang setara, yang mencerminkan efisiensi energi yang lebih tinggi.

  1. ^ "Axeon Receives Order for 50 Zebra Packs for Modec Electric Vehicle; Li-Ion Under Testing". Green Car Congress. 2016-11-24. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  2. ^ "Battery prices are falling, which is good news for EVs". Marketplace (dalam bahasa Inggris). 2019-12-03. Diakses tanggal 2020-04-25. 
  3. ^ "EV Database". EV Database (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-25.