Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Maria dari Coromoto, Guanare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda Maria dari Coromoto
Basilika Minor Tempat Ziarah Nasional Bunda Maria dari Coromoto
bahasa Spanyol: Basílica Menor Santuario Nacional Nuestra Señora de Coromoto
Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Maria dari Coromoto
LokasiSan Genaro de Boconoíto
Negara Venezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Maria dari Coromoto[1] (bahasa Spanyol: Basílica Menor Santuario Nacional Nuestra Señora de Coromoto) adalah sebuah gereja basilika minor[2] dan tempat ziarah nasional Katolik,[3] didedikasikan untuk menghormati Bunda Maria dari Coromoto, pelindung Venezuela yang terletak berjarak 25 kilometer dari kota Guanare, Portuguesa, Venezuela. Saat ini pastornya adalah Romo Allender Hernández.

Gereja ini dibangun di lokasi di mana umat beriman percaya bahwa Perawan menampakkan diri kepada kepala suku penduduk asli Amerika, Coromoto.

Proyek konstruksi ini disiapkan pada tahun 1975 oleh arsitek Spanyol yang diasingkan Juan Capdevila Elías dan arsitek Venezuela Erasmo Calvani, tetapi pekerjaan baru dimulai pada awal tahun 1980.

Pekerjaan tersebut sempat terhenti beberapa kali, sehingga pada bulan Februari 1996 gereja tersebut akhirnya dapat ditahbiskan oleh Paus Yohanes Paulus II, di hadapan lebih dari dua juta umat yang menunggu konsekrasi bait suci. Pada tanggal 20 Oktober 2007, bangunan ini diangkat oleh Paus Benediktus XVI menjadi basilika minor.[4]

Interior

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Kuil Nasional Bunda Maria Coromoto, San Genaro de Boconoíto
  2. ^ "Nuestra Señora de Coromoto: 63 tahun de su coronación - El Impulso". El Impulso. Diakses tanggal 2016-04-29. 
  3. ^ "Santuarios imperdibles para la Semana Mayor". www.el-nacional.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-02. Diakses tanggal 29-04-2016. 
  4. ^ "Virgen de Coromoto: de Santuario a Basílica en Noticias24.com". www.noticias24.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30-05-2016. Diakses tanggal 2016-04- 29.