Basilika Tempat Ziarah Maria Bunda dari Meritxell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Canillo
Gereja Basilika Tempat Ziarah Bunda Maria dari Meritxell
bahasa Katalan: santuari de Nostra Senyora de Meritxell
Basilika Canillo, 2013
LokasiCanillo
Negara Andorra
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Urgell

Basilika Tempat Ziarah Maria Bunda dari Meritxell (bahasa Katalan: santuari nou de Meritxell) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik sekaligus tempat ziarah yang terletak di Meritxell di paroki Canillo, di negara Andorra.

Pada malam tanggal 8-9 September 1972, kebakaran menghancurkan bekas tempat ziarah Meritxell. Tempat perlindungan bergaya kontemporer baru diresmikan pada tahun 1976.

Sejak tahun 2003, tempat ziarah telah dilindungi sebagai Properti Kepentingan Budaya Negara Andorra[1] dari Andorra.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah gereja bergaya-Romanesque melestarikan patung bergaya Romanesque dari Perawan Meritxell, bertakhta dengan Kanak-kanak Yesus di lengannya, berasal dari abad ke-12. Gereja Santa Maria ini direnovasi besar-besaran dengan gaya Barok di abad ke-17[2] · [3].

Pada tanggal 24 Oktober 1873, Dewan Umum secara resmi menyatakan Perawan Meritxell sebagai "santa pelindung dan pelindung khusus Kepangeranan Andorra".

Api di tempat ziarah Meritxell, pada malam tanggal 8 hingga 9 September 1972 setelah hari Aplecs, menghancurkan bangunan dan segala sesuatu di dalamnya, termasuk patung bergengsi itu. Reaksi populer sangat menggemparkan.

Pada tahun 1974, firma arsitektur Moragues, Bohigas-Martorell-Mackay dan Bofill mengambil bagian dalam percakapan pertama untuk rekonstruksi tempat suci. Akhirnya, proyek tersebut diberikan kepada firma arsitektur Ricardo Bofill menyusul penarikan dua firma lainnya. Proyek ini disusun berdasarkan tiga pilar simbolis: iman, identitas, dan budaya, yang dimaksudkan untuk membawa kekuatan religius dan keagungan monumental ke Meritxell.

Proyek awal Ricardo Bofill menghadirkan tempat perlindungan Meritxell yang sangat besar dengan jembatan yang menghubungkan pegunungan di lembah, danau buatan dengan jembatan dan jalan dengan toko dan restoran, teras besar dengan teras, tempat berlindung kecil, dan patung berukuran besar, sebagai tambahan ke amfiteater untuk pertemuan populer dan pertunjukan budaya. Itu adalah proyek yang sangat ambisius yang berisiko tidak dipahami oleh penduduk nasional. Hanya sebagian kecil yang telah dilakukan. Konstruksi dimulai pada 8 September 1974, ketika batu pertama diletakkan. Meski pekerjaannya belum selesai, pada 8 September 1976 tempat suci Meritxell diresmikan.

Patung Perawan yang dipasang selama peresmian tempat kudus baru adalah reproduksi yang setia dari aslinya, dibuat oleh seniman Sergi Mas dari foto dan ukuran. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 2005, patung itu kembali dicuri dan dibakar oleh seorang penderita gangguan jiwa.

Reproduksi yang dipasang setelah kejadian ini adalah karya Jaume Rossa, yang dipahat dari foto-foto gambar aslinya dan mengumpulkan ciri-ciri utama gambar Romanesque Maria.

Pada tahun 2014, Paus Fransiskus menganugerahi tempat suci ini gelar basilika minor. Basilika diintegrasikan ke dalam Ruta Mariana (Jalur Bunda Maria).

Sejak 2016, patung baru telah dipasang. Itu dibuat lagi oleh Jaume Rossa menggunakan perangkat lunak CAD dengan memotong batang black pine dari gambar fotografi model.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tempat Ziarah[sunting | sunting sumber]

Tempat kudus ini terletak di utara desa kecil Meritxell antara Canillo dan Encamp[4].

Dekorasi eksterior terdiri dari batu batu tulis yang nuansanya menyatu dengan lanskap mineral, tembaga bilah yang dimaksudkan untuk menghijau dan mengadopsi nada vegetasi di sekitarnya, balok atau langit-langit putih seperti salju yang menutupi Kerajaan untuk sebagian besar musim dingin dan kaca melemparkan semburan cahaya. Jalan setapak dengan tangga memungkinkan Anda untuk mengelilingi tempat suci sepenuhnya dan dengan demikian mengamati berbagai aspek arsitektur aslinya.

Bangunan pusat tempat kudus Meritxell diatur dari nave dalam bentuk Salib Yunani yang cacat dan memiliki apse denah persegi. Atap bangunan terdiri dari kubah barel. Di sekitar salib Yunani yang ditarik oleh nave, ruang-ruang berbeda di tempat kudus diatur. Chema dari ruang-ruang ini, dimensi dan proporsinya, adalah upaya untuk menggunakan rasio emas (atau proporsi ilahi) dari kuil-kuil Yunani-Romawi yang ditemukan oleh gereja-gereja Renaisans.

Ansambel arsitektur juga dibentuk oleh menara lonceng denah persegi besar, terinspirasi oleh menara lonceng biara Katalan Romanesque.

Inspirasi romantik juga ditemukan di biara yang berdekatan dengan sisi selatan yang ditutupi dengan kubah lintas rusuk. Di tengah biara, sebuah air mancur juga menghubungkan bangunan dengan seni Islami.

Bentuk-bentuk avant-garde dari suaka baru bermain dengan lengkungan dan menara seolah-olah belum selesai mensimulasikan sisa-sisa romantik dari suaka lama di mana juga fitur romantik monumental dari daerah tetangga digabungkan, yang berdialog dengan hitam dan putih mengingatkan pada kebangkitan Italia. Pengaruh ini juga terlihat pada denah tempat suci dan permainan figur geometris penutupnya.

Di dalam, gambar utama yang memenuhi ruangan tempat kudus adalah patung Perawan Meritxell.

Tujuh pahatan kayu yang dibuat oleh pematung Andorra Sergi Mas, mewakili tujuh santo pelindung dari tujuh paroki Andorra, yang meratifikasi bahwa Meritxell adalah tempat perlindungan nasional Andorra: Santo Sernin de Canillo , Santo Eulalia dari Encamp, Santo Cornelian dari Ordino, Asciscle of La Massana, Santo Stephen dari Andorra la Vella, Santo Julian dari Sant Julià de Lòria dan Santo Petrus Martir dari Escaldes-Engordany.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Arsip Nasional Andorra menyimpan dana Josep-Moles, dana kecil yang terdiri dari 135 gambar yang mencerminkan pembangunan suaka baru Meritxell dari tahun 1974 hingga peresmiannya pada tahun 1976.

Tempat kudus baru ini juga menjadi tuan rumah pameran permanen Bíblies del món (“Alkitab Dunia”), diresmikan pada bulan September 2016. Ini mengumpulkan koleksi yang terus berkembang, terintegrasi dengan lebih dari 1600 eksemplar (Alkitab dan Perjanjian Baru) ditulis dalam lebih dari 1400 bahasa, dialek, dan media.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]