Basilika Santo Yosef, Alameda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Yosef
Basilika Minor Santo Yosef
Inggris: Basilica of St. Joseph, Alameda
Basilika Santo Yosef, Alameda
Lokasi1109 Chestnut St., Alameda, California
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Oakland

Basilika Santo Yosef (Inggris: Basilica of St. Joseph, Alameda) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang berlokasi di Alameda, California, Amerika Serikat. Sejarahnya berawal dari pemukiman awal Kota Alameda, California. Bekas gereja misi Santo Antonius di Oakland, paroki Santo Yosef didirikan pada tahun 1885. Ini adalah bagian dari Keuskupan Oakland. Basilika ditambahkan ke Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada tanggal 18 September 1978.

Asal[sunting | sunting sumber]

Fondasi basilika ini dapat ditelusuri ke misi Katolik di Alameda, yang didirikan pada tahun 1873 oleh Uskup Agung San Francisco Jose Sadoc Alemany untuk melayani populasi Katolik yang bertambah sangat pesat. Tanah untuk gereja misi, di sudut tenggara Santa Clara Avenue dan Chestnut Street telah disumbangkan oleh Mr. Minturn, seorang non-Katolik, dan gereja Katolik pertama di Alameda dibangun.[1] Gereja misi yang dibangun pada tahun 1873, digunakan sebagai tempat ibadah selama lebih dari dua puluh tahun. Misi tersebut dilayani oleh Pastor William Gleeson dan para imam Gereja St. Anthony di Oakland. setiap hari Minggu Romo Gleeson akan menunggang kuda (atau berjalan kaki) ke Alameda setiap hari Minggu untuk mempersembahkan Misa dan mengajar Katekismus.

Dengan bertambahnya umat, Romo Gleeson dibantu oleh Romo JB McNally. Dua kali dalam jangka waktu tujuh tahun gereja itu diperbesar. Akhirnya pada tahun 1881 dibangun gereja baru di sudut barat daya Chestnut Street dan San Antonio Avenue. Romo Gleeson memilih lokasi ini demi kenyamanan para Suster Notre Dame de Namur yang baru saja membangun sekolah khusus perempuan di lahan sebelah. Akademi Notre Dame mengajar anak perempuan di kelas satu sampai dua belas.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b ""Sejarah Paroki", Basilika St. Joseph, Alameda". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-06-07. Diakses tanggal 2015-06-06.