Basilika Santo Petrus, Acqui Terme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Petrus
Basilika Minor Santo Petrus
bahasa Italia: Basilica di San Pietro
Basilika Santo Petrus
LokasiAcqui Terme
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Santo Petrus (bahasa Italia: Basilica di San Pietro) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Acqui Terme, Italia. Basilika ini ditetapkan statusnya secara Immemorial dan didedikasikan kepada Santo Petrus.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini didedikasikan untuk Devosi Maria Bunda Dukacita, namun, gereja ini juga disebut San Pietro, karena dulunya melekat pada tempat yang dulunya berdekatan dengan biara Ordo Benediktin San Pietro.

Tata letak yang kita lihat sekarang ini dibangun pada abad ke-11 di lokasi gereja Katolik kuno akhir abad ke-6 yang terletak tepat di luar tembok kota. Ia memiliki tiga bagian tengah dengan menara lonceng segi delapan di apsis selatan. Fasad bata sederhana mempunyai pilaster yang menonjol dan menunjukkan kecenderungan ke arah vertikal. Setelah tahun 1720, dengan penutupan biara, sebagian gereja didedikasikan kembali untuk Addolorata. Bangunan ini mengalami restorasi besar-besaran setelah Perang Dunia Pertama, yang menghilangkan sebagian besar dekorasinya, sehingga memberikan interiornya kesederhanaan bercat putih.[2] Bagian apse dan dasar menara lonceng masih mempertahankan jejak abad pertengahan.

Interiornya melestarikan lukisan dinding Deposisi abad ke-15 dan dua kanvas abad ke-16 yang menggambarkan Kristus Dimahkotai dengan Duri dan Kristus di hadapan Pilatus. Patung kayu Madonna Addolorata berasal dari tahun 1720.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika di Dunia
  2. ^ Monograf di atas gereja dengan foto sebelum renovasi.
  3. ^ Turismo Acqui Terme Lua error in Modul:Webarchive at line 398: attempt to concatenate field 'host' (a nil value)., situs web.

Koordinat: 44°40′33.73″N 8°28′4.42″E / 44.6760361°N 8.4678944°E / 44.6760361; 8.4678944