Basilika Santo Martinus dari Tours, Alzano Lombardo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Martinus
Basilika Minor Santo Martinus dari Tours
bahasa Italia: Basilica di San Martino
Basilika Santo Martinus dari Tours
LokasiAlzano Lombardo
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Santo Martinus dari Tours (bahasa Italia: Basilica di San Martino) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di piazza Italia di persimpangan via Fantoni dan via Roma di pusat bersejarah kota Alzano Lombardo di Italia utara. Didedikasikan kepada Martinus dari Tours, statusnya dipromosikan menjadi basilika minor pada tahun 1922 oleh Paus Pius XI.[1] Di sebelahnya terdapat Museum Seni Religius San Martino, yang namanya diambil dari nama basilika tersebut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini pertama kali tercatat pada tahun 1023, ketika menempati bangunan yang jauh lebih kecil. Beberapa lainnya dibangun di atasnya selama berabad-abad, termasuk versi abad ke-15 yang jauh lebih besar dengan batu campanile, yang hanya campanile yang bertahan. Pada awal abad ke-17, warisan 1.700 scudi Italia) dari Bernardino Fugazza, seorang warga kota, memungkinkan mimbar tersebut dibangun kembali. Pada saat yang sama lukisan Keajaiban St Martin dan Saint Martin dalam Cathedra miliknya dipesan dari Gian Paolo Cavagna, serta St Martin and the Poor Man di counter-fasad.

Struktur yang ada sekarang juga berasal dari abad ke-17 dan warisan lainnya, yang satu ini pada tahun 1656 70.000 scudi emas dari pedagang lokal Nicolò Valle ke 'Fabbriceria' gereja, badan yang bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung. Diputuskan untuk mengeluarkan uang tersebut untuk membangun gedung yang benar-benar baru, dirancang oleh Gerolamo Quadrio, kepala arsitek Katedral Milan, yang memutuskan untuk mempertahankan kansel baru. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 3 April 1659 dan pengerjaannya memakan waktu sekitar sepuluh tahun.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (dalam bahasa Italia) Luigi Pagnoni, Chiese parrocchiali bergamasche: appunti di storia e arte, Bergamo 1992, 324.
  • (dalam bahasa Italia) A. Mandelli, Alzano nei secoli, Bergamo, 1988
  • (dalam bahasa Italia) Riccardo Panigada, La Basilica diSan martino e le sue sagrestie, Normaeditrice, 2009.

Koordinat: 45°44′02″N 9°43′51″E / 45.73376°N 9.73075°E / 45.73376; 9.73075