Basilika Santa Maria, Champakulam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Maria, Champakulam
Basilika Minor Santa Maria di Champakulam
ചമ്പക്കുളം വലിയ പള്ളി
Basilika Santa Maria, Champakulam
LokasiChampakulam
NegaraIndia
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Siro-Malabar)
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Santa Maria Champakulam Kalloorkadu (Malayalam: ചമ്പക്കുളം വലിയ പള്ളി) adalah sebuah gereja basilika Katolik yang terletak di Kerala, India. Basilika ini dimiliki oleh Gereja Siro-Malabar di bawah naungan Eparki Agung Changanassery. Ini adalah gereja Forane, dengan beberapa paroki di bawahnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Basilika Santa Maria Kalloorkadu (juga disebut Champakulam Valia Palli) adalah salah satu gereja Katolik tertua di India[1][2][3] dan gereja induk dari hampir semua gereja Katolik Suriah di Distrik Alleppey. Dipercaya didirikan pada tahun 427 M,[4] gereja dibangun kembali berkali-kali. Gereja Champakulam pernah berada di bawah Gereja Niranam, yang didirikan oleh Rasul Santo Tomas sendiri. Banyaknya prasasti batu yang ditemukan di sekitar gereja menceritakan tentang sejarah gereja.

Salib Batu terbuka di gereja Champakulam adalah salah satu salib paling kuno dengan dokumentasi kuno yang jelas, berasal dari tahun 1151 M. Ada banyak artefak arkeologi yang ditemukan di sekitar gereja yang menceritakan lebih banyak tentang sejarahnya. Gereja Champakulam memiliki hubungan yang sangat bersahabat dengan Puthenkoottukar dan memiliki peran penting dalam banyak upaya ekumenis pada abad kedelapan belas. Ikkako Kathanar, salah satu martir (nasrani) umat Katolik Suriah Timur, lahir di paroki ini.[5]

Gereja Champakulam telah diakui oleh Gereja Universal sebagai Basilika. Pada tanggal 27 November 2016, gereja ini secara resmi dinyatakan sebagai basilika oleh Paus Fransiskus dan Mar Joseph Perumthottam, Uskup Agung Metropolitan Changanacherry. Ini adalah basilika pertama di Keuskupan Agung Changanasserry, yang keempat di Gereja Siro Malabar, yang kesembilan di Kerala dan yang kedua puluh tiga basilika di India.

Selama bertahun-tahun, gereja telah mengalami pembaruan yang signifikan. Awalnya, ada aula paroki kecil dengan sekitar seratus kursi. Beberapa tahun yang lalu, Balai Paroki yang lebih besar dibangun. Yang terbaru, diresmikan pada 3 Januari 2011, memiliki 800+ kursi. Pusat Teologi Santa Maria juga diresmikan pada tahun 2011.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://nasrani.net/2010/01/30/champakulam-kalloorkkadu-st-marys-church/.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ http://www.archdiocesechanganacherry.org/archdiocesechanganacherry-parishesmore.php?id=26.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)[pranala nonaktif permanen]
  3. ^ http://nasrani.net/category/heritage/ancient-churches-heritage/.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  4. ^ "Gereja Kuno dengan tanggal pendirian tradisional & Salib Batu Kerala- Salib Saint Thomas, Nazraney Sthambams dan Salib Persia lainnya". 
  5. ^ "13 Februari 2021: Dukhrana ke-250 Sahada Mar Ikkako Cathanar Champakulam".