Bartolomeo Eustachi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bartolomeo Eustachi

Bartolomeo Eustachi (lahir 1500 atau 1514 - wafat 27 Agustus, 1574), dikenal juga dengan nama Eustachius dalam bahasa Latin, adalah salah satu ilmuwan yang membangun ilmu anatomi manusia.

Ia berasal dari San Severino, di dekat Salerno, Italia, dan sebaya dengan Vesalius, yang juga dikenal dalam perkembangan ilmu anatomi.

Eustachi dikenal sebagai lawan dari Galen dan pengembang pemahaman anatomi telinga dalam dengan menemukan saluran Eustachius. Ia adalah orang yang pertama kali menemukan otot dalam dan anterior pada tulang martil dan tulang sanggurdi serta struktur rumit koklea (rumah siput telinga). Ia yang pertama kali mempelajari anatomi gigi dan fenomena pertumbuhan gigi susu dan gigi tetap secara akurat.

Tabulae anatomicae - halaman judul

Karya terbesarnya adalah, yang tidak dapat diterbitkan, Pahatan-pahatan Anatomis (Anatomical Engravings) yang diselesaikannya pada 1552. Penghentian penerbitan dilakukan untuk menghindari konflik dengan gereja. Karyanya ini akhirnya dipublikasikan pada 1741 oleh G. M. Lancisi. Pahatan ini menunjukkan Eustachius telah mengerjakan sebuah karya yang sangat hati-hati dan teliti, terutama dalam memberikan bentuk, ukuran, posisi relatif organ tubuh manusia. Berbagai bukunya laris manis setelah zaman Renaisans.

Tujuh pahatan pertama memperlihatkan gambaran ginjal dan beberapa fakta mengenai telinga. Pahatan kedelapan menunjukkan jantung, vena azygos, dan katup vena cava. Beberapa pahatan lainnya adalah mengenai batang tubuh, otak, otot.