Barthold Georg Niebuhr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Barthold Georg Niebuhr

Barthold Georg Niebuhr (lahir 27 Agustus 1776 – meninggal 2 Januari 1831 pada umur 54 tahun) adalah seorang negarawan dan sejarawan keturunan Denmark-Jerman yang menjadi sejarawan Romawi Kuno terkemuka di Jerman serta menjadi bapak pendiri ilmu historiografi modern.

Sejarah Romawi Kuno (dibanding Yunani Kuno) lebih menimbulkan kekaguman bagi para pemikir Jerman. Pada 1810, Niebuhr menginsprisasi patriotisme Jerman kepada para mahasiswa di Universitas Berlin dengan analisisnya tentang perekonomian dan pemerintahan Romawi. Para sejarawan secara umum memandang Niebuhr sebagai pemimpin Romantisisme dan simbol dari semangat nasional Jerman yang muncul setelah kekalahan di Jena. Dia juga menggunakan pemahaman yang kuat tentang semangat klasik Abad Pencerahan dalam berbagai prasangka intelektualnya, penggunaan analisis filologi, dan penekanannya pada fenomena umum dan khusus dalam sejarah.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putra Carsten Niebuhr, geografer Jerman terkemuka yang tinggal di Kopenhagen. Niebuhr muda yang telah matang pikirannya pada 1794 sudah menjadi sarjana klasik yang berhasil dan mampu berbicara dalam beberapa bahasa. Setelah studi di Universitas Kiel, ia menjadi sekretaris pribadi menteri keuangan Denmark. Tapi pada 1798, ia berhenti dari jabatan tersebut dan melakukan perjalanan ke Britania Raya, menghabiskan setahun di Edinburgh belajar pertanian dan fisika.

Pada 1799 ia kembali ke Denmark, yang mana ia masuk dinas negara; pada 1800 ia menikah dan menetap di Kopenhagen. Pada 1804 dia menjadi kepala direktur Bank Nasional.

Karya[sunting | sunting sumber]

Edisi pertama karya Niebuhr Roman History diterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh F. A. Walter (1827), tapi terjemahan itu segera diganti dengan edisi kedua terjemahan Julius Hare dan Connop Thirlwall, dilengkapi oleh William Smith dan Leonhard Schmitz (edisi terakhir, 1847–1851).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]