Barong's Band

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Barong's Band adalah grup musik rock asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 1970-an. Grup musik ini beranggotakan Tri Anggoro (drum), Eros Djarot (vokal, gitar), Epot (bas), dan Choqie Hutagalung (organ, piano).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Grup musik ini dibentuk ketika mereka sedang belajar di kota Köln, Jerman sekitar awal 1970-an yang sebelumnya bernama Kopfjaeger. Setelah perubahan formasi, nama band ini diganti menjadi Barong's Band.[1] Kiprah band ini semakin berkibar karena banyak tawaran bermain musik di beberapa kota di Jerman.

Pada 7-8 November 1975, Barong's Band bersama grup Gipsy melakukan pentas pertama dengan formasi Tri (drum), Epot (bas), Adi (gitar), Eros (vokal), dan didukung Debby Nasution dari Young Gipsy sebagai pemusik tamu pada keyboard dalam suatu acara di Taman Ismail Marzuki.

Barong's Band kemudian mendapat tawaran dari sutradara ternama Teguh Karya untuk menggarap ilustrasi musik film Kawin Lari (1976) yang dibintangi Slamet Rahardjo dan Christine Hakim.[1] Debby Nasution banyak membantu dalam pengerjaan ilustrasi musik ini dalam tata aransemen dan kontribusi permainan keyboard.

Dan pada tahun itu pun Barong's Band mendapat penghargaan Piala Citra sebagai Penata Musik Terbaik pada Festival Film Indonesia 1976 di Bandung, dan lagu tema Kawin Lari dibeli oleh Nirwana Records.

Pada saat penggarapan album Barong's Band, Eros meminta setiap anggota band untuk tidak mendengarkan rekaman pemusik Barat agar kualitas keaslian musik mereka tidak terpengaruh. Sayangnya, popularitas band ini menurun dan hanya pamor Eros saja yang naik. Eros sendiri kemudian mengukuhkan diri sebagai penggarap musik score untuk film-film karya Teguh Karya & Slamet Rahardjo.[1]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Almanak Musik Indonesia. Jakarta: Yayasan Tali Kemanusiaan. 2015. hlm. 138.