Baron Haussmann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Georges-Eugène Haussmann, sekitar 1860

Georges-Eugène Haussmann (lahir di Paris, 27 Maret 1809 – meninggal di Paris, 11 Januari 1891 pada umur 81 tahun, menyebut dirinya Baron Haussmann) adalah seorang penata kota Perancis yang namanya dihubungkan dengan pembangunan kembali Paris. Ia lahir di Paris dari sebuah keluarga Protestan Alsace.

Anak dari Nicolas Valentin Haussmann, seorang pedagang, ia lahir di Paris dan menuntut ilmu di College Henri IV dan mempelajari hukum, menghadiri kelas di Konservatori Musik Paris, ia menjadi seorang musisi terkenal. Ia menjabat sebagai sous-préfet Nérac tahun 1830, dan dengan cepat naik jabatan di pekerjaan sipil hingga 1853 ketika ia dipilih oleh prefek Persigny di département Seine untuk menggantikan Jean Jacques Berger, yang meragukan pendanaan besar untuk rencana pembangunan ulang Paris. Haussmann terus menjabat hingga 1870.

Karyanya menghancurkan sebagian kota bergaya Abad Pertengahan ini. Diperkirakan bahwa ia mengubah 60% bangunang di Paris. Ia merancang ulang Place de l'Étoile, dan membangun jalan yang panjang yang memberikan perspektif terhadap bangunan seperti Arc de Triomphe dan Opera Garnier.

Haussmann menjabat sebagai senator tahun 1857, anggota Akademi Seni tahun 1867, dan penerima Légion d'honneur tahun 1862. Ia meninggal di Paris dan dikuburkan di Le Cimetière Père Lachaise, Paris. Namanya diabadikan di Boulevard Haussmann. Tahun-tahun terakhirnya dihabiskan dengan menulis Mémoires (3 vol., 1890-1893).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Baron Georges-Eugène Haussmann