Bank Negara Vietnam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kantor pusat Bank Negara Vietnam di Hanoi

Bank Negara Vietnam (bahasa Vietnam: Ngân hàng Nhà nước Việt Nam) adalah bank sentral bermarkas di Hanoi, Vietnam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketika Indochina Perancis berada di bawah kekuasaan Prancis, pemerintah kolonial diatur sistem moneter Indocina melalui Bank Indochina, yang juga bertindak sebagai bank komersial di Indochina Perancis. Setelah Revolusi Agustus pada tahun 1945, pemerintah Republik Demokratik Vietnam secara bertahap berusaha untuk menjalankan sebuah sistem moneter yang independen dari Perancis. Pada 6 Mei 1951, presiden Hồ Chí Minh ditandatangani dekrit 15/SL di pendirian Bank Nasional Vietnam (Ngân hàng Quốc gia Việt Nam). Pada 21 Januari 1960, gubernur bank menandatangani peraturan atas nama perdana menteri untuk mengubah nama Bank Nasional Vietnam ke Bank Negara Vietnam (Ngân hàng Nhà nước Việt Nam).

Setelah jatuhnya Saigon, dua negara Vietnam bersatu tetapi tidak sampai Juli 1976. Pada Juli 1976, Bank Nasional Vietnam (bank sentral dari Republik Vietnam) telah bergabung ke dalam Bank Negara Vietnam.

Dalam era liberalisasi Doi moi, sistem perbankan Vietnam direformasi. Bank-bank baru diciptakan, dimulai dengan Industrial and Commercial Bank of Vietnam dan Vietnam Bank for Agriculture pada tahun 1988, dan peran Bank Negara secara bertahap dipersempit dengan sebuah bank sentral.[1] Sementara Bank Negara terus memberikan pinjaman kepada perusahaan milik negara pada tahun-tahun berikutnya, sekarang telah digantikan sebagian besar dalam menghormati dengan bank-bank BUMN dan bank-bank swasta lain.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ World Bank (March 1, 1995). Viet Nam Financial Sector Review.. hlm. III–V. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]