Bangun tubuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelompok moderen hewan dapat dikelompokkan bedasarkan susunan rancangan tubuh mereka.

Bangun tubuh adalah sebuah susunan ciri morfologi yang umum dijumpai pada banyak anggota dari sebuah filum hewan.[1] Hewan bertulang belakang memiliki satu rancangan tubuh bersama, sementara invertebrata punya banyak.

Istilah ini, umumnya digunakan untuk hewan, membayangkan sebuah "cetak biru" yang mencakup aspek-aspek seperti sifat simetri, lapisan, sistem saraf, anggota gerak, atau sistem pencernaan. Biologi perkembangan evolusioner merupakan sebuah disiplin ilmiah yang mencoba untuk mejelaskan asal-usul dari beraneka ragam rancangan tubuh.

Bangun tubuh secara historis sudah dianggap berevolusi dalam waktu singkat pada biota Ediakara, mengisi hewan-hewan di Letusan Kambrium dengan hasil-hasil rancangan tubuhnya. Pemahaman evolusi hewan yang lebih bernuansa menyarankan bahwa perkembangan dari rancangan tubuh hewan berlangsung secara bertahap selama awal era Paleozoikum. Studi terbaru pada hewan dan tumbuhan mulai menginvestigasi apakah pembatasan evolusioner pada struktur rancangan tubuh dapat menjelaskan adanya batasan perkembangan selama embriogenesis (fenomena yang dikenal sebagai tahap filotipik).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Valentine, James W. (2004). On the Origin of Phyla. University of Chicago Press. hlm. 33. ISBN 978-0226845487.