Bangku beban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seseorang yang sedang latihan angkat beban di bangku beban

Bangku beban atau bangku tekan adalah latihan beban di mana peserta latihan menekan beban ke atas sambil berbaring di bangku latihan beban . Meskipun bangku beban adalah latihan seluruh tubuh, otot yang terutama digunakan adalah pectoralis mayor , deltoid anterior , dan trisep , di antara otot penyeimbang lainnya. Barbel umumnya digunakan untuk menahan beban, tetapi sepasang dumbel juga bisa digunakan.[1]

Bangku tekan palang beban adalah salah satu dari tiga latihan daya angkat tubuh dalam olahraga angkat beban di samping angkat adibeban dan jongkok beban dan merupakan satu-satunya latihan daya angkat tubuh dalam olahraga Paralimpik angkat beban . Bangku beban adalah latihan pembentukan massa tubuh bagian atas yang menekankan beberapa otot terbesar tubuh, termasuk dada, trisep, bahu, deltoid depan, dan punggung atas. Hal ini juga digunakan secara luas dalam latihan beban, binaraga, dan jenis latihan lainnya untuk mengembangkan otot dada. Kekuatan bangku beban penting dalam olahraga pertarungan karena berhubungan erat dengan kekuatan pukulan. Untuk meningkatkan kekuatan, kekuatan, dan daya tahan tubuh bagian atas untuk kinerja atletik, pekerjaan, dan fungsional serta perkembangan otot, barbel.bangku beban sering digunakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Graham, John F. (2000-08). "Dumbbell Bench Press". Strength & Conditioning Journal (dalam bahasa Inggris). 22 (4): 71. ISSN 1524-1602.