Bangau-nganga Asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bangau-nganga Asia
Anastomus oscitans

Pair (India)
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22697661
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCiconiiformes
FamiliCiconiidae
TribusMycteriini
GenusAnastomus
SpesiesAnastomus oscitans
Boddaert, 1783
Tipe taksonomiAnastomus
Distribusi

     range

Bangau-nganga Asia ( Anastomus oscitans ) adalah burung perandai berukuran besar dalam keluarga bangau Ciconiidae . Bangau khas ini banyak ditemukan di anak benua India dan Asia Tenggara. Warnanya keabu-abuan atau putih dengan sayap dan ekor hitam mengilap, dan burung dewasa mempunyai celah antara mandibula atas yang melengkung dan mandibula bawah yang melengkung. Burung muda dilahirkan tanpa celah ini yang dianggap sebagai adaptasi yang membantu penanganan siput, mangsa utamanya. Meskipun tinggal dalam jangkauan mereka, mereka melakukan pergerakan jarak jauh sebagai respons terhadap cuaca dan ketersediaan makanan.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Bangau-nganga Asia didominasi warna keabu-abuan (di luar musim kawin) atau putih (musim kawin) dengan sayap dan ekor berwarna hitam mengkilat yang memiliki kilau hijau atau ungu. Nama ini diambil dari celah khas yang terbentuk antara rahang bawah paruh bawah yang melengkung dan rahang atas yang melengkung pada burung dewasa, sehingga menimbulkan kesan seperti menganga. Burung muda tidak mempunyai celah ini. Tepi tajam mandibula memiliki struktur seperti sikat halus yang dianggap dapat memberikan cengkeraman yang lebih baik pada cangkang siput. [2] Ekornya terdiri dari dua belas bulu dan kelenjar bersolek mempunyai seberkas.[3] Mantelnya berwarna hitam dan paruhnya berwarna abu-abu tanduk. Dari kejauhan, mereka terlihat seperti bangau putih atau bangau oriental . Kaki pendek berwarna merah muda sampai abu-abu, kemerahan sebelum berkembang biak. Burung yang tidak berkembang biak memiliki sayap dan punggung berwarna abu-abu berasap, bukan putih. Burung muda berwarna abu-abu kecoklatan dan mempunyai mantel kecoklatan. Seperti bangau lainnya, bangau-nganga Asia adalah burung terbang bersayap lebar, yang mengandalkan pergerakan di antara suhu udara panas untuk penerbangan berkelanjutan. Mereka biasanya ditemukan berkelompok tetapi tidak jarang burung tunggal. Seperti semua bangau, ia terbang dengan leher terentang. Ini relatif kecil untuk seekor bangau dan mencapai 68 tinggi cm (81 panjang cm). [4] [5] [6]

Habitat dan distribusi[sunting | sunting sumber]

Habitat mencari makan yang biasa dilakukan adalah lahan basah pedalaman dan jarang terlihat di sepanjang tepi sungai dan dataran pasang surut. Di lanskap pertanian, burung mencari makan di ladang tanaman, saluran irigasi, dan rawa musiman. [7] Burung ini mungkin berpindah secara luas sebagai respons terhadap kondisi habitat . Burung-burung muda juga menyebar luas setelah menjadi dewasa. Bangau-nganga sering mengalami disorientasi ketika melihat mercusuar di sepanjang pantai tenggara India pada malam mendung antara bulan Agustus dan September. [8] Spesies ini sangat langka di wilayah Sind dan Punjab di Pakistan, tetapi tersebar luas dan umum di India, Sri Lanka, Nepal, Bangladesh, Myanmar, Thailand, dan Kamboja. [9] Baru-baru ini telah memperluas jangkauannya ke Tiongkok barat daya.[10]

Sumber makanan dan perambahan[sunting | sunting sumber]

Koloni sarang (India)

Pada siang hari yang hangat, bangau-nganga Asia terbang tinggi di suhu panas dan mempunyai kebiasaan turun dengan cepat ke tempat makannya. Kelompok mungkin mencari makan bersama-sama dalam jarak yang berdekatan di perairan dangkal atau tanah berawa di mana mereka dapat berjalan dengan gaya berjalan lambat dan mantap. Bangau-nganga Asia terutama memakan moluska besar, khususnya spesies Pila, dan mereka memisahkan cangkang dari tubuh siput menggunakan ujung paruhnya. Ujung rahang bawah paruh sering terpelintir ke kanan. Ujungnya dimasukkan ke dalam lubang bekicot dan tubuhnya dikeluarkan dengan paruh yang masih terendam air. Jerdon mencatat bahwa mereka mampu menangkap siput bahkan ketika matanya ditutup. Tindakan pastinya sulit dilihat, menimbulkan banyak spekulasi mengenai metode yang digunakan. Sir Julian Huxley memeriksa bukti dari spesimen dan literatur dan sampai pada kesimpulan bahwa celah paruh digunakan seperti pemecah kacang. Dia berpendapat bahwa tepian uang kertas yang kasar adalah akibat dari keausan akibat tindakan tersebut.[11] Penelitian selanjutnya telah menolak gagasan ini dan sisi kasar dari RUU ini telah disarankan sebagai adaptasi untuk membantu menangani cangkang keras dan licin. [12] [13] Mereka mencari mangsa dengan membuka ujung paruhnya sedikit dan melakukan pukulan vertikal cepat di perairan dangkal, sering kali dengan kepala dan leher terendam sebagian. Celah pada paruh tersebut tidak dimanfaatkan untuk penanganan cangkang bekicot dan hanya terbentuk seiring bertambahnya usia. Burung muda yang tidak mempunyai celah masih bisa mencari makan pada siput. Ada pendapat bahwa celah tersebut memungkinkan ujung-ujungnya menyerang pada sudut yang lebih besar untuk meningkatkan kekuatan yang dapat diterapkan ujung-ujungnya pada cangkang siput. Siput yang lebih kecil sering kali ditelan utuh atau dihancurkan. [13] Mereka juga memakan ular air, katak, dan serangga besar.[14] Saat mencari makan di lanskap pertanian dengan beragam habitat, bangau-nganga Asia lebih memilih menggunakan rawa dan danau alami (terutama di musim hujan dan musim dingin), dan saluran irigasi (terutama di musim panas) sebagai habitat mencari makan. [15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Anastomus oscitans". 2016: e.T22697661A93628985. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22697661A93628985.en. 
  2. ^ Gosner KL (1993). "Scopate tomia: an adaptation for handling hard-shelled prey?" (PDF). Wilson Bulletin. 105 (2): 316–324. 
  3. ^ Beddard, F.E. (1901). "Some Notes upon the Anatomy and Systematic Position of the Ciconiine Genus Anastomus". Proceedings of the Zoological Society of London. 70 (1): 365–371. doi:10.1111/j.1469-7998.1901.tb08551.x. 
  4. ^ Ali S, Ripley SD (1978). Handbook of the Birds of India and Pakistan. Volume 1 (edisi ke-2nd). New Delhi: Oxford University Press. hlm. 95–98. 
  5. ^ Baker, ECS (1929). The Fauna of British India. Birds. Volume 6 (edisi ke-2nd). London: Taylor and Francis. hlm. 333–334. 
  6. ^ Blanford WT (1898). The Fauna of British India. Birds. Volume 4. London: Taylor and Francis. hlm. 377–378. 
  7. ^ Sundar, K. S. Gopi (2006). "Flock Size, Density and Habitat Selection of Four Large Waterbirds Species in an Agricultural Landscape in Uttar Pradesh, India: Implications for Management". Waterbirds: The International Journal of Waterbird Biology. 29 (3): 365–374. JSTOR 4132592. 
  8. ^ Ali S, Ripley SD (1978). Handbook of the Birds of India and Pakistan. Volume 1 (edisi ke-2nd). New Delhi: Oxford University Press. hlm. 95–98. 
  9. ^ Rasmussen PC, Anderton JC (2005). Birds of South Asia. The Ripley Guide. Volume 2. Washington DC and Barcelona: Smithsonian Institution and Lynx Edicions. hlm. 63. 
  10. ^ Liu & Buzzard, Paul & Luo, Xu.
  11. ^ Huxley, J (1960). "The openbill's open bill: a teleonomic enquiry". Zoologische Jahrbücher. Abteilung für Systematik, Ökologie und Geographie der Tiere. 88: 9–30. 
  12. ^ Gosner KL (1993). "Scopate tomia: an adaptation for handling hard-shelled prey?" (PDF). Wilson Bulletin. 105 (2): 316–324. 
  13. ^ a b Kahl MP (1971). "Food and feeding behavior of Openbill Storks". Journal of Ornithology. 112 (1): 21–35. doi:10.1007/BF01644077. 
  14. ^ Mukherjee, Ajit Kumar (1974). "Food-habits of water-birds of the Sundarban, 24 Parganas District, West Bengal, India-IV. Stork, Teal, Moorhen and Coot". J. Bombay Nat. Hist. Soc. 71 (2): 188–200. 
  15. ^ Sundar, K. S. Gopi (2006). "Flock Size, Density and Habitat Selection of Four Large Waterbirds Species in an Agricultural Landscape in Uttar Pradesh, India: Implications for Management". Waterbirds: The International Journal of Waterbird Biology. 29 (3): 365–374. JSTOR 4132592.