Bang One

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Bang One.

Bang One merupakan maskot dari stasiun televisi swasta, TV One. Pertama kali tampil pada tanggal 4 Maret 2008[1]. Hingga saat ini karakter ini telah mengisi rubrik "Kabar Bang One" yang diselipkan pada setiap program berita TV One. Selain itu, Bang One juga telah dipercaya untuk memiliki program acara sendiri yakni "Bang One Show" yang ditayangkan pada akhir pekan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Karakter kartun ini pertama kali diciptakan oleh tim kreatif dari gabungan karikaturis yang dipimpin oleh Boyke Nathanael Sandroto, Rahmat Riyadi, dan Syarif Hidayat[1]. Pertama kali diciptakan sebagai bagian dari tajuk pemberitaan yang disampaikan pada setiap akhir penayangan berita di TV One. Pada awalnya, kemunculan Bang One hanya berupa kartun bisu yang dialognya ditampilkan dalam balon kata. Isi dari animasi ini biasanya merujuk pada peristiwa yang sedang hangat dibicarakan saat itu. Di akhir acara, Bang One biasanya akan memberi tanggapan dan sindiran dari peristiwa tersebut.

Animasi ini dibuat oleh 46 animator[2]. Konsep dasarnya adalah gambaran wartwan ideal yang tidak gentar memberitakan kebenaran kepada masyarakat. Bang Merupakan perwujudan dari aspirasi rakyat yang mengritis berbagai macam kebijakan pemerintah dari sudut pandang yang objektif. Berpenampilan pendek dan gemuk dengan wajahnya yang dihiasi oleh kumis dan kaca mata sebagai ciri khasnya serta suaranya yang khas (diisi oleh pimpinan redaksi TV One, Karni Ilyas). Kemunculan karakter Bang One sangat diterima dengan baik oleh masyarakat. Oleh sebab itu, pihak TV One memberi kepercayaan kepada Bang One dengan membuat acara televisi khusus dipandu oleh karakter ini yakni "Bang One Show" dan "Catatan Hukum Bang One".

Bang One pada media lain[sunting | sunting sumber]

Selain tampil dalam acara televisi, Bang One juga telah muncul dalam bentuk komik yang terbit sebagai bagian dari edisi ulang tahun TV One. Komik ini juga dapat diakses melalui situs resminya[3].

Pada tahun 2009, pihak manejemen TV One, Sulaeman Sakib mengungkapkan adanya rencana pembuatan Bang One pada versi layar lebar. Diperkirakan kru yang terlibat dalam pembuatan versi layar lebar Bang One ini masih dipegang oleh tim kreatif yang sama. Kemungkinan besar versi layar lebar ini masih tetap dalam format animasi, sama seperti versi layar kacanya[4].

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Tentang BangOne". BangOne.co.id. 2008. Diakses 28 Desember 2009. 
  2. ^ "Bang One Parodi TV One". Republika. 07-03-2009. Diakses 27-12-2009. 
  3. ^ "Komik BangOne". BangOne.co.id. 2008. Diakses 28 Desember 2009. 
  4. ^ "Bang One Diproyeksi ke Layar Lebar". Republika. 07-02-2009. Diakses 22-12-2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]